Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Berhasil Kalahkan Malaysia di Cabor Hoki Indoor Putra SEA Games 2023, Olahraga Apa Itu?

Kompas.com - 09/05/2023, 14:15 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kontingen Merah Putih terus menambah koleksi medali di ajang SEA Games 2023 Kamboja.

Kali ini, medali emas berhasil didapatkan oleh timnas hoki putra Indonesia setelah mengalahkan juara bertahan Malaysia pada laga final yang diadakan di Dinosaur Hall Phnom Penh, Kamboja, Minggu (7/5/2023).

Indonesia berhasil memenangkan medali emas usai menahan imbang Malaysia dengan skor 3-3 yang kemudian dilanjutkan adu pinalti.

Pada adu pinalti, Indonesia unggul 2-1 atas Malaysia melalui tendangan Prima Rinaldi dan Andre Guntara. Kemenangan timnas hoki putra Indonesia ini sekaligus mengukir sejarah baru di SEA Games.

Pasalnya, sejak hoki indoor diikutsertakan pada ajang SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, cabang olahraga (cabor) ini telah didominasi oleh Malaysia pada sektor putranya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI), Yasser Arafat Suaidy menyampaikan apresiasinya kepada timnas hoki indoor putra Indonesia.

"Mereka telah mencatat sejarah pertama kali membawa Timnas Hoki Indoor Indonesia sebagai juara pada SEA Games 2023 Kamboja ini dan mereka meruntuhkan nama besar Malaysia sebagai Raja hoki indoor putra Asia Tenggara," dikutip dari Kompas.com, Senin (8/5/2023).

Lantas, apa itu cabor hoki indoor?

Baca juga: Kun Bokator Raih Medali Pertama Indonesia di SEA Games 2023, Apa Itu?

Mengenal cabor hoki indoor

Timnas Hoki Indonesia dibebankan dua emas di SEA Games 2023. Terkini, timnas hoki indoor Indonesia telah meraih kemenangan pada laga perdana di masing-masing cabang olahraga (cabor) SEA Games 2023 Kamboja.Dok. PP FHI Timnas Hoki Indonesia dibebankan dua emas di SEA Games 2023. Terkini, timnas hoki indoor Indonesia telah meraih kemenangan pada laga perdana di masing-masing cabang olahraga (cabor) SEA Games 2023 Kamboja.
Dilansir dari England Hockey, hoki indoor (hoki dalam ruangan) adalah salah satu cabang olahraga bola kecil yang dimainkan oleh dua tim dalam sebuah lapangan tertutup atau sebuah ruangan.

Masing-masing tim hoki indoor terdiri dari enam pemain di mana satu pemain berfungsi sebagai penjaga gawang.

Dalam permainannya, hoki ruangan menggunakan bola berukuran kecil dengan para pemain membawa papan samping atau tongkat panjang untuk menggiring bola.

Pemain hanya diperbolehkan untuk mendorong dan membelokkan bola dengan tongkat, serta tidak diperbolehkan untuk memukul bola.

Selain itu, bola juga tidak diperbolehkan untuk dinaikkan, kecuali saat mencoba mencetak gol dan harus berada di dalam lingkaran tembak.

Baca juga: Banyak Aturan di SEA Games 2023 Rugikan Atlet Indonesia, Kemenpora Buka Suara

Aspek penilaian hoki indoor

Dikutip dari International Hockey Federation (FIH), hoki indoor memiliki lapangan yang berbentuk persegi panjang dengan lantai aula olahraga yang datar dan halus.

Lapangan ini memiliki panjang 40 meter dengan lebar 20 meter, biasanya berlantai warna biru dengan bola kuning. Warna lapangan dan bola yang kontras ini bertujuan untuk memudahkan penonton mengamati pergerakan bola, dan memperindah laga yang nampak di layar televisi. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com