Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Sosok Karl Lagerfeld di Balik Tema Met Gala 2023?

Kompas.com - 02/05/2023, 15:45 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Met Gala 2023, acara mode akbar tahunan digelar di Metropolitan Museum of Art, New York City, AS, Selasa (2/5/2023). 

Deretan pesohor dunia terlihat memadati karpet merah Met Gala 2023 mulai pukul 19.00 malam waktu setempat atau jam 06.00 WIB. Mereka antara lain Rihanna, Cardi B, Jenna Ortega, Bad Bunny, hingga Jennie Blackpink.

Met Gala merupakan ajang mode di mana orang-orang yang hadir di sana harus mengenakan pakaian sesuai tema yang ditentukan. Biasanya, tema ini dibuat untuk menghormati suatu konsep mode atau seseorang.

Tahun ini, Met Gala 2023 mengangkat tema "Karl Lagerfeld: A Line of Beauty" untuk menghormati desainer arl Lagerfeld yang meninggal dunia pada tahun 2019 di usia 85 tahun.

Baca juga: Sejarah Met Gala yang Tiketnya Mencapai Miliaran Rupiah


Siapa itu Karl Lagerfeld?

Dilansir dari Britannica, Karl Otto Lagerfeld lahir di Hamburg, Jerman pada 10 September 1933.

Ia merupakan perancang busana dan fotografer Jerman yang dikenal sebagai ahli kreatif di balik perkembangan merek mode Chanel.

Lagerfeld terjun pertama kali ke dunia mode pada 1950-an setelah melihat peragaan busana Dior yang menumbuhkan minatnya dalam mendesain.

Ia kemudian pindah ke Paris, Perancis pada 1952. Dua tahun kemudian, ia memenangkan hadiah pertama untuk desain mantel Penghargaan Woolmark Internasional, Perancis.

Tahun berikutnya, ia mulai bekerja profesional sebagai desainer di bawah Pierre Balmain.

Potret Karl Lagerfeld bersama Jared Leto. Potret Karl Lagerfeld bersama Jared Leto.

Sekitar pertengahan tahun 60-an, Lagerfeld menjadi desainer lepas untuk berbagai perusahaan termasuk Chloé, Krizia, Valentino, dan pembuat sepatu Charles Jourdan. Tahun 1967 ia menjadi direktur konsultan untuk merek Italia, Fendi.

Pada 1983, Lagerfeld memproduksi koleksi couture atau pakaian dengan rancangan tingkat tinggi pertamanya untuk Chanel. Setahun kemudian, dia meluncurkan labelnya sendiri.

Sejak saat itu, Lagerfeld menjadi salah satu desainer mode yang populer sepanjang abad ke-20 dan 21.

Sayangnya, ia meninggal dunia di American Hospital of Paris di Neuilly-sur-Seine, Perancis, pada 19 Februari 2019 dalam usia 85 tahun. Ia dikabarkan meninggal setelah kesehatannya memburuk akibat kanker pankreas.

Baca juga: Sejarah Paris Fashion Week, Pekan Mode Dunia yang Diadakan sejak 1973

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com