Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Malaysia Gratiskan Jalan Tol Selama 4 Hari Lebaran...

Kompas.com - 20/04/2023, 19:00 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim pada Selasa (18/4/2023) mengumumkan sejumlah langkah untuk meringankan beban keuangan warga menjelang hari raya Idul Fitri akhir pekan ini.

Salah satu di antaranya adalah menggratiskan biaya jalan tol selama empat hari pada 19-21 April dan 24 April 2023, dikutip dari Straits Times.

Pada waktu-waktu tersebut, jutaan orang kembali ke kampung halaman dan bertepatan dengan libur Hari Raya.

Baca juga: Rute dan Tarif Jalan Tol Trans Jawa untuk Lebaran 2023

Kebijakan ini pun memengaruhi 33 jalan tol Malaysia.

Operator jalan raya terbesar Plus Malaysia mengharapkan, sekitar dua juta kendaraan akan menggunakan jaringannya setiap hari selama Hari Raya.

Angka tersebut 20 persen lebih tinggi daripada hari biasa.

Baca juga: Mudik Lebaran, Ini Tarif Jalan Tol Trans Jawa 2023


Libur Lebaran dan diskon kebutuhan pokok

Warga Malaysia juga akan mendapatkan libur empat hari dari Jumat (21/4/2023) hingga Senin (24/4/2023), terlepas Idul Fitri jatuh pada Jumat atau Sabtu.

Pejabat Malaysia akan menggelar sidang penentuan hari raya Idul Fitri pada Kamis (20/4/2023).

PM Anwar juga mengumumkan diskon khusus untuk denda lalu lintas yang dikeluarkan pada 2022 dan sebelumnya. Masing-masing denda akan dikurangi menjadi 50 ringgit Malaysia.

Baca juga: Berapa Biaya Haji di Malaysia?

Diskon khusus untuk bahan baku, seperti ayam dan bawang akan diberikan kepada pedagang yang menawarkan makanan murah untuk konsumen berpenghasilan rendah melalui program Menu Rahmah.

Dalam hal ini, pemerintah bekerja sama dengan supermarket terpilih untuk menawarkan harga khusus kepada operator mereka.

"Kami menyadari biaya yang harus ditanggung operator untuk bahan baku dan bahan makanan," kata Anwar.

"Kami berharap inisiatif ini akan memberikan kelegaan bagi operator dan memastikan kesinambungan dan keberlanjutan program Menu Rahmah," sambungnya.

Baca juga: Melihat Perbandingan Pengelolaan Dana Haji Indonesia dan Malaysia...

Pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan jalan

LRT Malaysia atau Rapid KL saat di stasiun pusat Kuala Lumpur pada 29 Januari 2010.AFP/SAEED KHAN LRT Malaysia atau Rapid KL saat di stasiun pusat Kuala Lumpur pada 29 Januari 2010.

Inisiatif Menu Rahmah diluncurkan pada Januari tahun ini, dengan lebih dari 15.000 gerai makanan di seluruh negeri menyediakan makanan dengan harga serendah 5 ringgit Malaysia, sebagai cara melawan inflasi.

Selain mengumumkan hadiah untuk Hari Raya, Anwar juga menyinggung masalah lain, termasuk pengurangan biaya semen untuk pengembang perumahan yang terjangkau dan alokasi tambahan untuk pemeliharaan jalan federal.

Pemerintah akan mengeluarkan tambahan 250 juta ringgit Malaysia untuk perbaikan jalan.

Ini merupakan tambahan dari 750 juta ringgit Malaysia yang telah dianggarkan untuk pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan jalan di bawah Anggaran 2023, sehingga totalnya menjadi 1 miliar ringgit Malaysia.

Baca juga: Profil Michelle Yeoh, Aktris Malaysia yang Raih Golden Globe Awards 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com