Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Yustinus Prastowo, Jubir Menkeu yang Jadi Komisaris Semen Indonesia

Kompas.com - 18/04/2023, 17:00 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Juru Bicara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Yustinus Prastowo diangkat menjadi Komisaris PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR).

Pengangkatan Yustinus sebagai Komisari Semen Indonesia dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar di Jakarta pada Senin (17/4/2023).

Dalam pengangkatan ini, juga terdapat sejumlah nama lain yang juga menduduki posisi komisaris seperti Saor Siagian sebagai Komisaris Independen, Subhan sebagai Direktur Bisnis dan Pemasaran, serta Reni Wulandari sebagai Direktur Operasi.

Sebelum diangkat jadi Komisaris Semen Indonesia, Yustinus juga tercatat sebagai Komisaris BUMN di bidang konstruksi Adhi Karya sejak Juni 2020. 

Baca juga: Semen Indonesia Bakal Tebar Dividen Rp 1,65 Triliun dari Laba Tahun 2022

Profil Yustinus Prastowo

Yustinus Prastowo lahir di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 4 April 1970.

Dia merupakan lulusan S1 di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Setelah lulus dari STAN dia melanjutkan pendidikan pasca sarjana dengan mengambil jurusan Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik di Universitas Indonesia. Dia juga kemudian mengambil gelar Magister Ilmu Filsafat di STF Driyarkara.

Dikutip dari website pribadinya, Yustinus mengawali karir sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Ditjen Pajak Kementerian Keuangan pada tahun 1997-2010.

Dia juga pernah bekerja sebagai konsultan sebelum kemudian mendirikan Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) pada tahun 2014.

Yustinus juga merupakan dosen di PKN STAN dan pernah menjadi Senior Adviser Australia-Indonesia Partnership for Economic Governance (AIPEG) atau yang sekarang bernama Prospera.

Dalam informasi profilnya, Yustinus juga pernah menjadi Consultant Asian Development Bank.

Selain itu, dia juga beberapa kali pernah menjadi ahli perpajakan di Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, dan Ombudsman RI. Serta pernah menjadi adviser di Tim Reformasi Perpajakan Kemenkeu dan Anggota Tim Penguatan Reformasi Bea dan Cukai Kemenkeu.

Baca juga: Erwin Moeslimin Diangkat Jadi Komisaris Independen Adhi Karya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com