Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Pelanggan Alfamart Belanja Tak Mau Bayar karena Sudah Bayar Pajak, Ini Kronologinya

Kompas.com - 15/04/2023, 16:15 WIB
Diva Lufiana Putri,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah video yang merekam pelanggan Alfamart dengan narasi tidak mau membayar karena sudah bayar pajak, ramai di media sosial.

Video tersebut salah satunya diunggah oleh akun Instagram ini, Kamis (13/4/2023). Tampak dalam video, petugas Alfamart mengambil belanjaan pelanggan wanita yang hendak pergi dengan motornya.

"Ngapain diperpanjang pajak, saya ko (kalian) suruh bayar," kata pelanggan wanita dengan nada tinggi memarahi petugas Alfamart.

Pada video kedua, tampak pelanggan wanita tersebut kembali ke dalam minimarket. Narasi dalam video menuliskan, pelanggan marah kepada petugas dan meminta agar barang belanjanya dikembalikan.

"Ramai di medsos, seorang emak belanja di minimarket tapi gak mau bayar dengan alasan udah bayar pajak," tulis pengunggah.

Video ini pun menarik perhatian warganet dan telah menuai lebih dari 10,9 ribu suka dan 1.038 komentar pada Sabtu (15/4/2023).

Lantas, seperti apa kronologi kejadiannya?

Baca juga: Siapa yang Lebih Kaya, Bos Alfamart atau Indomaret?


Kronologi pelanggan menolak bayar belanjaan

Regional Corporate Communication PT Sumber Alfaria Trijaya, Budi Santoso, membenarkan peristiwa yang terjadi dalam video tersebut.

Menurut dia, peristiwa itu terjadi di Tanabatue, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, pada Rabu (12/4/2023).

"Customer datang belanja seperti biasa mengambil barang sebanyak dua keranjang dan dibawa ke meja kasir," kata dia, saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (15/4/2023).

Sebelum petugas memindai atau scan belanjaan, Budi mengatakan bahwa pelanggan meminta untuk mengisi pulsa sebesar 100.000 dan berhasil.

Kasir kemudian melanjutkan transaksi dengan memindai belanjaan dengan total Rp 425.200.

Namun, sebelum membayar, konsumen tersebut meminta struk belanjaan. Kasir pun menolak permintaan tersebut karena yang bersangkutan belum membayar.

"Customer tersebut marah-marah dan mengatakan 'Kenapa saya harus bayar, saya selalu bayar pajak di Alfamart'," terang Budi.

Budi melanjutkan, saat memarahi petugas, pelanggan tersebut menunjukkan beberapa struk dengan keterangan pajak PPN.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com