Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Detik-detik Pengendara Motor di Bandung Lawan Arah dan Terobos Palang Perlintasan Saat Kereta Akan Melintas

Kompas.com - 26/03/2023, 11:45 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Unggahan video yang memperlihatkan pengendara motor melawan arah dan menerobos palang perlintasan saat kereta akan melintas viral di media sosial.

Video itu salah satunya diunggah akun Instagram @beritakotabandung yang bersumber dari komunitas Edan Sepur, @edansepurid.

"Saat pintu perlintasan sudah tertutup, seorang pria nekat menerobos palang pintu pada saat kereta api akan melintas," tulis keterangan unggahan.

Dituliskan, kejadian itu terjadi di Jalan Cimindi, Bandung belum lama ini.

Dalam video, tampak pengendara motor matic yang tidak mengenakan helm, menerobos palang perlintasan yang sudah menutup karena akan ada kereta melintas.

Pengendara itu bahkan nyaris terpeleset ketika secara terburu-buru melewati rel. Padahal, kereta api tak lama lagi akan melintas.

Baca juga: Viral, Video Sebut Terjadi Ledakan di KRL hingga Mengeluarkan Asap Tebal, KAI Commuter: Bukan Meledak

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Komunitas Edan Sepur Indonesia (@edansepurid)

Baca juga: Viral, Video Warga Pergoki Anak-anak Diduga Taruh Batu di Rel Kereta Api, Ini Kata KAI

Lantas, bagaimana kronologi kejadian ini?

Kronologi kejadian

Pihak Edan Sepur melalui humas wilayah 2 Bandung Abdullah membenarkan adanya kejadian tersebut.

Kejadian pengendara motor menerobos palang perlintasan itu terjadi di Jalur Perlintasan Langsung (JPL) 154 di dekat Stasiun Cimindi pada Sabtu (25/3/2023).

Saat itu, komunitas Edan Sepur bersama sejumlah pihak, termasuk KAI, Dinas Perhubungan Kota Bandung, dan Satlantas Polres Cimahi sedang melakukan kegiatan disiplin perlintasan.

Di tengah-tengah kegiatan, terjadi kejadian tersebut.

"Pengendara sepeda motor dari arah Stasiun Cimindi melawan arus dan menerobos perlintasan ke arah Gunung Batu," ujar Abdullah kepada Kompas.com, Minggu (26/3/2023).

Beruntung, pengendara motor itu dapat dihalau dan diselamatkan oleh relawan yang sedang melaksanakan kegiatan disiplin perlintasan.

Baca juga: Viral, Twit 2 Bocil Geser Pohon Tumbang Tutupi Rel Dipuji Warganet

Tanggapan KAI

Menanggapi kejadian tersebut, Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono menyesalkan masih terjadinya kembali hal tersebut.

"Tentunya itu sangat membahayakan tidak hanya bagi pengguna jalan, tapi juga berpotensi membahayakan perjalanan KA," ujar Mahendro, saat dihubungi terpisah.

Menurutnya, diperlukan adanya kesadaran dari pengguna jalan untuk mematuhi seluruh rambu-rambu dan isyarat saat melalui perlintasan sebidang.

KAI Daop 2 Bandung mengimbau setiap pengguna jalan agar selalu waspada dan berhati-hati ketika melintasi perlintasan sebidang.

"Serta selalu mematuhi aturan berlalu lintas, termasuk tidak menerobos ketika palang pintu perlintasan sudah tertutup," kata Mahendro.

Baca juga: Viral, Video Bus Mati Mesin di Tengah Pelintasan KA di Tegal, Petugas Jaga Kibarkan Bendera Darurat, KAI: Tindakan Penyelamatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com