Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Menggoyang-goyangkan Mobil Saat Mengisi BBM, Apa Bahayanya?

Kompas.com - 16/01/2023, 12:31 WIB
Diva Lufiana Putri,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan twit soal kendaraan yang mengisi bahan bakar minyak (BBM) sambil digoyang-goyang, ramai di media sosial Twitter.

Diunggah oleh akun ini pada Sabtu (14/1/2023), unggahan foto tersebut menampakkan dua orang berbaju biru muda tengah memegang bagian belakang mobil.

Terlihat, orang dalam foto mengarahkan pandangannya ke arah dispenser SPBU.

"Tahun 2023 begini masih ada ya yang pas ngisi bbm mobilnya digoyang-goyangin kaya gini. emangnya ngaruh? wkwk," tulis pengunggah.

Menanggapi twit tersebut, beberapa warganet mengatakan bahwa menggoyangkan kendaraan saat mengisi BBM memiliki pengaruh, terutama untuk kendaraan tua.

"Bapakku, sebenernya bukan mobil tapi motor kata blio itu biar bensinya gak kepenuhan pas diisi penuh," kata salah satu warganet.

"Berdasarkan info dari sopir angkot, sopir yang aku sewa. Itu ngaruh (terutama mobil tua). Entah mungkin supaya buih bensinnya cepat hilang jadi cepat full atau bagaimana saya kurang tahu," tulis warganet ini.

"Ngaruh untuk mobil tua yang gak punya saluran angin keluar jadinya lebih cepet masuk. Prinsipnya gini udara di dalam tanki diganti sama bensin, kalo ruangannya tertutup udara bakalan kecil aliran bensin yang masuk ke tangki karna pertukaran bensin dan udaranya rendah," kata warganet lain.

Hingga Senin (16/1/2023) siang, unggahan soal mengisi BBM sambil digoyang-goyang sudah dilihat lebih dari 32.000 kali dan mendapatkan disukai oleh lebih dari 220 pengguna Twitter.

Lantas, apa pengaruh menggoyangkan kendaraan saat mengisi BBM?


Baca juga: Ramai soal Saran bagi Pengemudi Mobil untuk Turun Saat Mengisi BBM di SPBU, Apa Kata Pertamina?

Penjelasan pakar

Dosen Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada (UGM) Jayan Sentanuhady menjelaskan, menggoyangkan kendaraan saat mengisi BBM tidak memiliki pengaruh apa pun.

"Mobil tua atau mobil baru sama saja. Tidak perlu digoyang-goyang, akan penuh sendiri," ujar nya, saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/1/2023).

Jayan mengatakan, masyarakat kerap menganggap menggoyang-goyang kendaraan akan mencegah udara terjebak dalam tangki.

Padahal, sifat bahan bakar yang cair akan memudahkannya mengisi bagian-bagian terjauh dan tersempit.

Densitas atau massa jenis bahan bakar, terang Jayan, jauh di atas densitas udara. Oleh karena itu, dengan sendirinya bahan bakar akan berada di posisi paling bawah.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com