Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Etana, Pabrik Vaksin mRNA Indonesia yang Diresmikan Jokowi

Kompas.com - 08/10/2022, 15:30 WIB
Rendika Ferri Kurniawan

Penulis

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik biofarmasi PT Etana Biotechnologies Indonesia di Kawasan Industri Pulogadung (JIEP), Jakarta, Jumat (7/10/2022).

Ia mengapresiasi pengembangan industri berbasis bioteknologi yang memproduksi vaksin dengan platform teknologi berbasis messenger RNA (mRNA) di Indonesia.

“Saya sangat menyambut baik apa yang telah dilakukan PT Etana Biotechnologies Indonesia dalam memproduksi vaksin dengan platform mRNA. Ini adalah yang pertama di Asia Tenggara,” ujar Jokowi dalam sambutannya, dikutip dari laman resmi presidenri.go.id.

Jokowi meyakini, pengembangan industri vaksin dalam negeri akan berdampak baik pada kesiapan Indonesia dalam menghadapi ketidakpastian global.

Ia berharap tidak terjadi lagi pandemi di Indonesia. Apabila industri vaksin dalam negeri sudah ada, paling tidak pemerintah menjadi lebih tenang.

"Karena tadi disampaikan bahwa dalam dua bulan, vaksin baru sudah bisa masuk ke uji klinis, sangat cepat sekali. Dan yang saya senang, kerjanya diam-diam, saya sendiri tidak tahu, tahu-tahu jadi, ini yang saya seneng kayak gini," kata Jokowi.

Berikut sekilas tentang PT Etana Biotechnologies Indonesia:

Baca juga: Jokowi Resmikan Pabrik Vaksin Covid-19 Berbasis mRNA Pertama di Asia Tenggara

Tentang PT Etana Biotechnologies Indonesia

Dikutip dari laman resmi PT Etana Biotechnologies Indonesia (Etana)perusahaan biofarmasi ini didirikan pada tahun 2014.

Dalam laman resminya disebutkan bahwa Etana adalah produsen baru produk biofarmasi untuk mengobati berbagai penyakit metabolik, autoimun, dan penyakit yang mengancam jiwa, termasuk kanker.

PT Etana Biotechnologies Indonesia berlokasi di Kawasan Industri Pulogadung ?Jl. Rawa Gelam V Blok L Kav. 11-13, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur.

Perusahaan ini telah membangun fasilitas manufaktur biofarmasi berteknologi tinggi dengan luas 6.400 meter persegi.

Konstruksi pabrik Etana didesain oleh NNE Pharmaplan yang dirancang untuk memenuhi standar cGMP, PIC/S, dan EU GMP dalam konsep desainnya.

Pabrik Etana dinyatakan telah lulus audit GMP oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan menerima Sertifikasi GMP pada Desember 2019 lalu.

Selain itu, dilengkapi dengan teknologi kelas dunia untuk peralatan laboratorium, sistem pengolahan air untuk penggunaan farmasi, sistem tata udara untuk ruang kelas bersih, sistem utilitas, sistem pemantauan lingkungan, hingga peralatan dan fasilitas lainnya.

Proses manufaktur dan fasilitas Etana dikontrol secara ketat melalui pedoman cGMP yang sesuai dengan persyaratan peraturan global. Standarnya sesuai dengan cGMP, PIC/S, and EU GMP untuk memenuhi pasar luar negeri dan domestik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com