Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Baru Untirta Dijemur Berjam-jam dalam Acara Kampus, Ini Penjelasan Rektor dan BEM

Kompas.com - 11/08/2022, 19:05 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kegiatan mahasiswa baru di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) baru-baru ini menuai kritik dan banyak diperbincangkan di media sosial, salah satunya di Twitter.

Akun @sbmptnfess adalah salah satu yang menyuarakannya, Rabu (10/8/2022).

"Malah GDK UNTIRT4 ini ngelakuin hal yg bnr2 kelewat batas banget, kita maba dijemur di tengah lapang dari jam 7 pagi sampe sekitar 5 sore TANPA DIKASIH CEMILAN APAPUN BUAT NGEGANJEL PERUT. sampe beneran banyak yg pingsan, kejang, mimisan dan justru mereka yg marah2," tulis akun tersebut.

"Sampe ada dari mereka yg malah bilang 'banyak banget si yg sakit' WTF??? maaf banget ya klo kaka2 untirt4 yg TERHORMAT ada yg liat ini, cuma mau bilang minimal klo mau bikin mozaik siapin semuanya dgn mateng dr jauh hari biar cepet kelar juga,...," lanjutnya.

Bahkan, ada pula tangkapan layar berisi pesan dari kakak tingkat atau panitia kegiatan di Untirta, pengirim pesan tersebut menilai mahasiswa baru sekarang terlalu lemah, mengadukan apa yang mereka alami ke media sosial, tidak pantas diterima di Untirta, dan sebagainya.

Baca juga: Viral, Video Kampus Punya Flying Fox, Begini Penjelasan UMM

Lantas, bagaimana penjelasannya?

Penjelasan pihak Untirta

Menanggapi kabar tersebut, pihak Untirta pun memberikan klarifikasinya dan membenarkan adanya kegiatan tersebut dilakukan di lingkup Untirta.

Kegiatan yang ramai dibicarakan di medsos itu rupanya merupakan technical meeting yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta).

Dari keterangan resmi yang dikeluarkan pihak Untirta, technical meeting yang dilakukan melibatkan ribuan mahasiswa baru dan dilakukan pada Selasa (9/8/2022) di Kampus Untirta Pakupatan, Serang, Banten.

Agenda hari itu adalah pemaparan materi dan pengambilan video mozaik menggunakan pesawat tanpa awak/drone.

Baca juga: Biaya Kuliah Unibraw Tahun Ajaran 2022/2023

Rektor Untirta Prof Fatah Sulaiman mengakui bahwa kegiatan yang ramai di medsos tersebut merupakan inisiatif BEM untuk mengawali rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang akan dilaksanakan pada 15-17 Agustus 2022.

“Untirta secara resmi sudah mengirimkan surat undangan ke Pak Menteri untuk melakukan kegiatan PKKMB tanggal 15 Agustus untuk tingkat rektorat, tanggal 16 diserahkan ke fakultas, dan tanggal 17 upacara bendera dengan perwakilan sekitar 150 mahasiswa dari masing-masing fakultas sesuai kapasitas dan rekomendasi Gugus Tugas Covid-19," ujarnya dikutip dari laman Untirta, Rabu (10/8/2022).

"Kita lakukan dengan konsep hybrid mengingat adanya surat edaran karena tren Covid-19 kian meningkat. Maka perlu dipertimbangkan protokol kesehatan yang ketat. Yang lain kita fasilitasi melalui live streaming YouTube.” lanjut dia.

Baca juga: Daftar Biaya Kuliah Program D3 dan S1 di Universitas Terbuka

BEM KBM Untirta minta maaf

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) akan membangun fasilitas penelitian hingga gedung vokasi di Kabupaten Pandeglang.KOMPAS.COM/ACEP NAZMUDIN Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) akan membangun fasilitas penelitian hingga gedung vokasi di Kabupaten Pandeglang.

Atas kejadian ini, Presiden Mahasiswa Untirta, Ryco Hermawan mewakili organisasi yang ia pimpin menyampaikan permohonan maafnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com