Keuntungan Menjadi Tuan Rumah G20 bagi Indonesia, Apa Saja?

Kompas.com - 11/08/2022, 18:05 WIB

KOMPAS.com - Indonesia menjadi tuan rumah atau Presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022.

G20 atau Group of Twenty adalah sebuah forum kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa.

Dikutip dari Kemenkeu, Indonesia sebagai salah satu anggota G20 turut menunjukkan perannya kepada dunia dengan menjadi Presidensi G20.

Mandat tersebut mulai diemban Indonesia sejak 1 Desember 2021 sampai dengan 30 November 2022.

Sebagai Presidensi G20, Indonesia mengangkat tema "Recover Together, Recover Stronger".

Baca juga: Mengenal Apa Itu G20 dan Sejarah Pendiriannya...

Lantas, apa saja keuntungan langsung dan manfaat Indonesia menjadi Presidensi G20?

Keuntungan langsung

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa penyelenggaraan rangkaian kegiatan G20 dapat membawa keuntungan langsung bagi Indonesia.

Salah satu manfaat tersebut adalah ikut menggeliatnya perekonomian Indonesia yang tengah terdampak pandemi Covid-19.

"Kita melakukannya di Jakarta, waktu di Jakarta terjadi kemarin Omicron. Jadi kita (adakan pertemuan) di sini, mereka (delegasi G20) akan menginap di hotel. Itu berarti pada saat Omicron naik, hotel kosong, Grup 20 datang kan jadi menambah occupancy, itu bagus,” kata Sri Mulyani dikutip dari laman Sekretaris Kabinet, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Indonesia Negara Berkembang Pertama Jadi Tuan Rumah G20, Apa Dampaknya?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2022 akan di atas 5 persen karena ditopang oleh kinerja komponen konsumsi rumah tangga, investasi, dan ekspor yang tetap terjaga positif.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2022 akan di atas 5 persen karena ditopang oleh kinerja komponen konsumsi rumah tangga, investasi, dan ekspor yang tetap terjaga positif.

Selain menginap, delegasi G20 turut membeli produk-produk yang dijual di Indonesia, sehingga menambah manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.