Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekayasa Lalu Lintas Jakarta Jelang Grand Launching JIS Hari Ini

Kompas.com - 24/07/2022, 13:25 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta memberlakukan rekayasa lalu lintas menjelang perayaan Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS) hari ini, Minggu (24/7/2022) pukul 14.00 - 21.00 WIB.

Rekayasa lalu lintas itu meliputi pembatasan lalu lintas yang diterapkan di Jalan Sunter Permai Raya dan Jalan Danau Sunter Barat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dinas Perhubungan DKI Jakarta (@dishubdkijakarta)

Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Hendry Sampurna membenarkan informasi tersebut.

"Betul," ujarnya singkat, saat dikonfirmasi oleh Kompas.com (24/7/2022).

Baca juga: Digelar Hari Ini, Grand Launching JIS Dimeriahkan Dewa 19, Kotak, dan Setia Band

Penutupan jalan secara terbatas

Pelaksana Harian Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Chaidir mengatakan, terdapat tiga titik lokasi yang akan diberlakukan penutupan jalan secara terbatas, di antaranya:

  • Simpang perlintasan bidang kereta api Jalan Sunter Permai Raya – Jalan RE. Martadinata
  • Simpang Jalan Sunter Permai Raya – Jalan Bisma Raya
  • Simpang Jalan Danau Sunter Barat – Jalan Danau Sunter Utara.

Penutupan di tiga lokasi itu akan diterapkan mulai pukul 14.00 - 21.00 WIB.

Chaidir menerangkan, kendaraan yang boleh melintas di lokasi tersebut adalah bus Transjakarta, shuttle bus sekolah, kendaraan penghuni sekitar JIS, dan kendaraan VIP/VVIP/tamu undangan.

Selain itu, Dishub DKI akan melakukan pengalihan lalu lintas keluar JIS menuju Jalan Sunter Permai Raya pada pukul 18.00 – 21.00 WIB.

"Penutupan terbatas di Simpang Jalan Bisma Raya – Jalan Sunter Permai Raya ke arah utara untuk lalu lintas umum kecuali shuttle bus sekolah yang melayani 5 lokasi kantong parkir di sekitar JIS yang terdapat di area Jalan Sunter Permai Raya atau penghuni," ujarnya, dikutip dari laman PPID Jakarta.

Adapun, pengalihan lalu lintas umum adalah sebagai berikut:

1. Dari arah Timur Jalan Bisma Raya yang menuju ke arah Utara Jalan Sunter Permai Raya dialihkan ke arah Selatan Jalan Sunter Permai Raya;

2. Dari arah Selatan Jalan Sunter Permai Raya menuju Utara Jalan Sunter Permai Raya dialihkan belok kanan menuju Jalan Bisma Raya atau putar balik kembali ke Jalan Sunter Permai Raya – Jalan Danau Sunter Utara;

3. Dilakukan penutupan u-turn Barat –Barat dan u-turn Timur –Timur di Jalan Danau Sunter Utara.

Baca juga: Simak Rute Transjakarta Menuju Lokasi Grand Launching JIS, Ada Layanan Gratis

Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS) akan digelar pada Minggu (24/7/2022). Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS) akan digelar pada Minggu (24/7/2022).

Rute Transjakarta yang beroperasi

Meskipun menerapkan penutupan terbatas di sejumlah lokasi, masyarakat yang sudah memiliki tiket perayaan Grand Launching JIS tetap dapat menggunakan layanan Transjakarta.

Pasalnya, Transjakarta reguler menuju JIS dari lokasi keberangkatan di bawah ini tetap akan beroperasi sejak pukul 09.00 – 23.00 WIB dengan tarif regular Rp 3.500.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com