Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil 3 Calon Provinsi Baru Indonesia: Ha Anim, Meepago, dan Lapago

Kompas.com - 08/04/2022, 10:30 WIB
Nur Fitriatus Shalihah,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia segera memiliki 3 provinsi baru, sehingga totalnya menjadi 37 provinsi.

Diberitakan Kompas.com, Kamis (7/4/2022), rencana penambahan provinsi ini diatur dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan Tengah.

Meski awalnya terdapat pro dan kontra, RUU tersebut telah disahkan oleh Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dalam rapat pleno yang digelar Rabu (6/4/2022).

Dalam rapat pleno, semua fraksi di Baleg menyatakan setuju terhadap RUU tentang tiga provinsi tersebut.

Berikut profil 3 calon provinsi baru Indonesia:

Baca juga: Serba-serbi Pemekaran 3 Provinsi di Papua, Indonesia Jadi 37 Provinsi

1. Papua Selatan (Ha Anim)

ibu kota Merauke

Provinsi ini terdiri atas:

  • Kabupaten Merauke

Dilansir laman Papua.go.id, Kabupaten Merauke terletak di bagian selatan yang memiliki wilayah terluas di antara kabupaten/kota di Provinsi Papua. Secara geografis letak Kabupaten Merauke berada antara 137-141 derajat BT dan 6-9 derajat LS.

Luas Kabupaten Merauke 45.071 km persegi. Sebagian besar wilayah Kabupaten Merauke terdiri dari daratan rendah dan berawa. Luas areal rawa 1.425.000 Ha.

Kondisi Geografis Kabupaten Merauke yang relatif masih alami, merupakan tantangan serta peluang pengembangan bagi Kabupaten Merauke yang masis menyimpan banyak potensi ekonomi untuk menunjang pembangunan.

  • Kabupaten Mappi

Pemerintah Daerah Kabupaten Mappi menempatkan sektor pertanian, termasuk perikanan dan kelautan sebagai sektor unggulan bagi pembangunan daerah Kabupaten Mappi.

Luas perairan laut Kabupaten Mappi adalah 3.107 km persegi. Ada 5 pulau kecil tak berpenghuni dengan panjang garis pantai 300 km.

Secara umum wilayah perairan maupun lahan untuk usaha Perikanan di Kabupaten Mappi sangat potensial, baik untuk usaha penangkapan maupun budidaya.

Wilayah perairan Selatan Provinsi Papua (Laut Arafura) merupakan daratan pantai dengan kondisi tanah berlumpur yang didominasi hutan mangrove, daerah rawan, dan berair payau merupakan habitat utama hidupnya berbagai jenis ikan, udang, dan biota perairan lainnya. Sangat memungkinkan bagi pengembangan usaha perikanan dan kelautan secara besar-besaran dan berkelanjutan.

  • Kabupaten Asmat

Kabupaten Asmat terletak pada 4-7 derajat LS dan 137-141 derajat BT. Suku Asmat terbagi menjadi dua, yaitu suku yang tinggal di pesisir pantai dan suku asmat yang tinggal di wilayah pedalaman. Pola hidup, cara berpikir, struktur sosial dan keseharian keduanya sangat berbeda.

Mata pencahariannya, untuk suku Asmat yang berada di wilayah pedalaman, biasanya memiliki pekerjaan sebagai pemburu dan petani kebun, sementara mereka yang tinggal di pesisir lebih memilih menjadi nelayan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com