Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tradisi Menyeruput Eggnog di Malam Natal

Kompas.com - 23/12/2021, 19:05 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak ragam tradisi Natal, mulai dari memasang dan menghias pohon Natal hingga memanggang gingerbread yang mengharumkan seisi rumah.

Salah satu tradisi yang populer di Kanada dan Amerika adalah menyeduh dan menyeruput secangkir eggnog di dinginnya cuaca malam Natal.

Sebenarnya minuman ini tak hanya terhidang di malam Natal saja, namun tersaji semenjak Thanksgiving hingga menjelang hari Natal.

Melansir The Spruce Eats, meski bahan utama pembuatan eggnog hanyalah susu dan telur, namun para peracik dapur biasa menambah bahan pangan lainnya seperti krim, gula, kayu manis, lada, vanila, brandy, rum dan juga whiskey.

Jadi jika berbicara mengenai eggnog, ada dua jenis yang bisa dipilih, yaitu eggnog non alkohol dan eggnog yang mengandung alkohol.

Di Amerika, eggnog sengaja dicampur dengan alkohol agar minuman ini bisa lebih menghangatkan tubuh di tengah dinginnya hujan salju.

Baca juga: Sejarah Gingerbread Si Kudapan Natal Tertua

Sejarah eggnog

Eggnog adalah racikan minuman dari masa lalu, tepatnya yang lahir di seputar tahun 1800-an, di gigilnya musim dingin.

Di masa tersebut, eggnog hanya terbuat dari telur, susu, gula, brandy dan rum. Karena diracik dengan tujuan menghangatkan tubuh, maka eggnog di masa itu memiliki konsentrasi alkohol yang sangat tinggi.

Nama eggnog muncul dari sebutan mug yang terbuat dari kayu yang dinamakan noggins. Mug ini adalah alat minum yang sering dipakai untuk mengonsumsi segala macam jenis minuman beralkohol.

Ada dua versi eggnog, yaitu eggnog non alkohol dan eggnog yang mengandung alkohol.Pixabay/Jill Wellington Ada dua versi eggnog, yaitu eggnog non alkohol dan eggnog yang mengandung alkohol.
Eggnog sering diolah di penghujung tahun atau di musim dingin, di antara hari-hari menjelang Natal.

Mengutip Insider, eggnog sering ditambah rempah yang berkhasiat menghangatkan tubuh seperti lada dan merica agar semua orang bisa melalui malam di musim dingin dengan lebih nyaman.

Karena sering diracik dan disuguhkan di penghujung tahun inilah, eggnog akhirnya ternama sebagai minuman yang kental dengan aroma Natal.

Baca juga: Sejarah Kue Kering, Resep-resep Unik yang Tercipta secara Tak Sengaja

Cara membuat eggnog

Secangkir eggnog memiliki citarasa yang manis dan creamy berkat campuran kuning telur dan susu yang ada.

Eggnog masa kini banyak ditambah dengan krim karena susu yang digunakan adalah susu rendah lemak.

Untuk membuat eggnog, kuning telur dan gula dikocok terpisah dulu hingga mengembang.Unsplash/Jurien Huggins Untuk membuat eggnog, kuning telur dan gula dikocok terpisah dulu hingga mengembang.
Khusus untuk anak-anak, eggnog yang ada tentu saja akan bebas dari bahan yang mengandung alkohol.

Eggnog non alkohol ini terbuat dari telur utuh, kuning telur, gula, susu, kayu manis, heavy cream dan vanila.

Seperti dikutip dari Food Network, untuk mengolah eggnog sangatlah mudah. Langkah pertama adalah mengocok kuning telur dan gula hingga campuran sedikit mengembang dan kental. Kemudian tambahkan susu, krim, vanila, lada, juga kayu manis untuk menambah citarasa.

Di mangkuk terpisah, kocok lepas putih telur hingga mengembang, baru masukkan ke dalam bahan pertama. Selepas langkah inilah, baru Anda putuskan untuk menambahkan alkohol atau tidak. 

Baca juga: Resep Meatloaf Saus Keju, Daging Panggang Khas Natal Mudah Dibuat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com