Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Sumur Neraka di Yaman yang Disebut Sebagai Penjara Para Jin

Kompas.com - 25/09/2021, 12:05 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Tim penjelajah goa dari Oman berhasil melakukan ekspedisi ke lubang berdiameter 30 meter yang disebut sebagai "Sumur Neraka" di wilayah Yaman timur pada 15 september lalu.

Sumur neraka tersebut tepatnya berada di tengah gurun di Provinsi Al Mahra dekat perbatasan Yaman dengan Oman.

Lubang besar tersebut dikenal sebagai “Well of Hell” atau Sumur Neraka di Yaman. Mengapa demikian?

Dikutip berita Kompas.com (24/9/2021) dari BBC, Well of Hell atau Sumur Neraka di Yaman ini adalah sebuah keajaiban alam yang telah lama dijauhi oleh masyarakat setempat.

Baca juga: Ekspedisi Sumur Neraka di Yaman, Tempat yang Disebut Penjara Para Jin

Tempat ini dianggap mengerikan bagi masyarakat lokal di wilayah tersebut. Kengerian yang menyelimuti lubang besar ini bukan tanpa alasan.

Berikut sejumlah fakta mengenai sumur neraka di Yaman:

1. Lebar sekitar 30 meter dan kedalaman 112 meter

Lubang besar yang dijuluki sebagai sumur neraka ini memiliki lebar sekitar 30 meter. Sedangkan kedalamannya mencapai 112 meter.

Selama berabad-abad, sumur neraka ini menjadi misteri terutama bagi masyarakat Yaman yang tinggal di dekat area tersebut. Warga Yaman menyebutnya juga sebagai Sumur Barhout.

2. Disebut sebagai penjara para jin

Banyak cerita yang beredar mengenai misteri sumur neraka Yaman. Salah satunya ialah cerita rakyat yang menyebut bahwa lubang raksasa di tengah gurun Yaman itu adalah penjara bagi para jin atau setan yang penuh kutukan.

“Banyak orang bilang di situlah tempat orang-orang murtad dan kafir disiksa setelah mati” tutur Mohammad Al Kindi, seorang geelong dan pemilik Pusat Konsultasi Ilmu Bumi yang turut dalam ekspedisi Sumur Neraka, dikutip dari berita Kompas TV, Sabtu (25/9/2021).

“Yang lainnya percaya bahwa kepala mereka akan terpenggal begitu mereka turun ke dalam sumur itu,” lanjutnya.

Baca juga: Misteri Kawah Darvaza, Gerbang Neraka yang Apinya Puluhan Tahun Tak Padam


Pejabat Yaman mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui apa yang ada di dalam lubang tersebut. Mereka memperkirakan bahwa usia Sumur Neraka di Yaman ini mungkin mencapai jutaan tahun.

Banyak masyarakat setempat yang merasa tidak nyaman saat mengunjungi tempat itu. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang takut membicarakan Sumur Neraka ini karena tak ingin ditimpa kemalangan atau kesialan.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com