Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memutihkan Area Vagina? Begini Caranya

Kompas.com - 28/08/2021, 19:30 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Karena gesekan dengan celana dalam, pemakaian produk kewanitaan, atau proses penuaan, area keintiman wanita atau vagina bisa mengalami proses hiperpigmentasi.

Vagina yang menghitam ini kadang luput dari perhatian. Hingga tahun demi tahun berganti dan warna area ini bisa menjadi makin hitam dan gelap. 

Area vagina memiliki kulit yang sangat sensitif. Kulit di area intim ini rawan iritasi karena gesekan atau penggunaan produk kimia yang terlalu keras.

Selain karena faktor-faktor di atas, proses hiperpigmentasi area vagina bisa pula diakibatkan karena pola hidup yang kurang sehat. Seperti kebiasaan merokok, pola makan yang tak sehat, obesitas, dan penggunaan pakaian yang terlalu ketat.

Lantas apa yang bisa dilakukan jika area vagina sudah menghitam tak lagi cerah? Selain menggunakan produk-produk kimiawi dari dunia medis, Anda bisa pula mencoba mengaplikasikan bahan-bahan alami ini.

Selain aman, bahan-bahan ini juga mudah didapatkan.

Baca juga: 4 Bahan Pengganti Pemutih Pakaian

1. Minyak kelapa dan madu

Ilustrasi minyak kelapa. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi minyak kelapa.
Minyak kelapa dan madu adalah bahan dapur yang mudah didapatkan. Untuk digunakan memutihkan kulit vagina, campurkan satu sendok minyak kelapa dan satu sendok madu di dalam mangkuk.

Kemudian panaskan campuran ini di dalam mircowave selama beberapa detik saja hingga minyak menghangat.

Dalam kondisi masih hangat, oleskan campuran tersebut ke area vagina Anda dan biarkan selama 15 menitan. Lantas basuh dengan minyak mawar.

Baca juga: Benarkah Konsumsi Minyak Zaitun Bikin Muka Bersih? Ini Penjelasan Ahli

2. Mentimun dan lidah buaya

Dilansir dari Times of India, mentimun dan lidah buaya juga memiliki senyawa yang bisa memutihkan kulit yang mengalami hiperpigmentasi.

Caranya, blender mentimun dan gel lidah buaya dan oleskan ke area kewanitaan Anda. Diamkan selama 20 menitan agar kulit ternutrisi dengan maksimal.

Setelah 20 menit baru bilas vagina dengan air dingin hingga bersih.

3. Yoghurt

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com