Kompas.com - 28/08/2021, 15:30 WIB
Gunakan bahan-bahan rumahan untuk mengusir bau amis ikan. Unsplash/Harris VoGunakan bahan-bahan rumahan untuk mengusir bau amis ikan.

KOMPAS.com - Sehabis mengolah ikan atau memancing, bau amis ikan akan menempel berlama-lama di tangan kita.

Bau amis ikan ini bahkan tak bisa hilang meski kita sudah mencuci tangan kita dengan sabun pencuci tangan yang beraroma kuat.

Aroma ikan yang kuat juga berpotensi melekat di seluruh ruangan rumah tempat kita membersihkan dan mencuci ikan.

Ikan sendiri akan mengeluarkan bau amis jika sudah terangkat dari air dan terpapar udara bebas dalam waktu lama. Bau amis ikan adalah efek dari proses pembusukan yang mulai dilalui oleh ikan.

Untuk mengusir atau menghilangkan bau amis ikan ini Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami yang mudah ditemukan di dalam rumah.

Baca juga: 7 Cara Cepat Mengusir Bau Amis Ikan

Mengusir bau ikan di tangan

.PIXABAY/BRUNO .
Untuk mengusir bau ikan yang menempel di tangan, Anda bisa menggunakan bantuan pasta gigi. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti dilansir dari Lifehacker, pasta gigi yang mengandung baking soda adalah bahan terbaik untuk digunakan melenyapkan aroma amis ikan. Mengingat baking soda memiliki kemampuan mengusir bau dengan maksimal.

Jadi setelah memancing atau membersihkan ikan, ambil sekitar 2 cm pasta gigi untuk digunakan menggosok kedua belah tangan. Diamkan selama beberapa detik baru bilas di bawah air yang mengalir.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Aroma Tak Sedap pada Wadah Plastik

Jika bau masih terasa menyengat, ambillah satu buah lemon dan belah menjadi dua. Kemudian remas-remas lemon dengan kedua belah tangan, bilas dengan air dingin. Zat asam dan aroma lemon yang wangi bisa menutup aroma amis ikan.

Setelah dibersihkan dengan lemon, segera usapkan pelembab atau body lotion ke seluruh permukaan tangan Anda. Karena zat asam yang terlalu tinggi bisa mengeringkan permukaan kulit dengan cepat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.