Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal Ini Bisa Bikin Gagal Lolos Kartu Prakerja

Kompas.com - 28/08/2021, 12:55 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

Kompas.com - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 19 sudah dibuka sejak Kamis (26/8/2021). Kartu Prakerja merupakan program pelatihan semi bantuan sosial yang diberikan bagi mereka yang belum bekerja atau kehilangan pekerjaan karena pandemi.

Pendaftaran Kartu Prakerja bisa dilakukan situs www.prakerja.go.id. Untuk cara pendaftarannya Anda bisa cek di sini.

Peserta bisa mengecek status kelulusannya melalui dashboard masing-masing akun Prakerja. Selain itu, peserta yang lolos seleksi juga akan dikirimi SMS pemberitahuan dari pihak pelaksana Kartu Prakerja.

Baca juga: 5 Penyebab Paling Umum Tidak Lolos Kartu Prakerja

Namun tidak semua pendaftar Kartu Prakerja bisa lolos seleksi. Bahkan ada yang sudah mendaftar berkali-kali namun masih belum berhasil lolos seleksi Kartu Prakerja. Apa penyebabnya?

Ada banyak penyebab tidak lolos Kartu Prakerja. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 6 hal yang menjadi penyebab tidak lolos Kartu Prakerja:

1. Kesalahan NIK

Saat mengisi data pribadi di form pendaftaran Kartu Prakerja harus benar-benar teliti. Yang banyak tidak disadari adalah kesalahan ketika mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Jika ada kesalahan atau salah ketik pada pengisian NIK, hal tersebut dapat menyebabkan data tidak bisa terverifikasi oleh sistem.

Selain itu, pastikan juga data diri yang Anda isikan sudah sesuai dengan data di Kartu Keluarga (KK).

Jika masih ditemukan ketidaksesuaian, pendaftar bisa menghubungi Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) di Call Center Dukcapil 1500-538 atau datang ke kantor Dukcapil terdekat.

2. Sudah pernah lolos Prakerja

Jika Anda mencoba mendaftar di Kartu Prakerja gelombang 19 dan gagal, coba perikssa kembali apakah Anda sudah pernah lolos sebagai penerima Kartu Prakerja atau belum.

Sebab bagi yang pernah lolos Kartu Prakerja dan mendaftar lagi di gelombang selanjutnya, dipastikan tidak akan lolos dalam seleksi Kartu Prakerja Gelombang 19 ini.

Hal itu karena NIK akan diblokir agar tidak bisa lolos seleksi Prakerja lagi di sistem Prakerja.go.id. Tujuannya agar yang menerima Kartu Prakerja bisa merata.

“Mereka yang sudah pernah menerima Kartu Prakerja tidak boleh ikut seleksi, NIK-nya kami blok demi asas pemerataan,” kata Head of Communications Managemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, dikutip dari berita Kompas.com (28/8/2021).

Baca juga: Sering Daftar Prakerja tapi Selalu Gagal Lolos, Apa Penyebabnya?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com