Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Penyebab Daun Calathea Menguning dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 20/08/2021, 07:02 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Calathea menjadi salah satu tanaman hias populer tahun ini. Corak dan warnanya yang cantik memesona menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta tanaman hias.

Merawat calathea bisa dibilang susah-susah mudah. Ada banyak orang yang berhasil merawat tanaman ini hingga beranak-pinak, namun banyak juga yang gagal dan menyerah.

Permasalahan yang paling sering umum terjadi pada calathea adalah daunnya yang menguning. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi tersebut dan tentu saja cara mengatasinya.

Dilansir dari Smart Garden Guide melalui KOMPAS.com, daun calathea menguning bisa disebabkan oleh stres karena terlalu banyak disiram, kekeringan, temperatur ekstrem, aklimatisasi, nutrisi, hama, hingga usia tanaman yang sudah menua.

Beberapa cara membuat daun calathea tidak menguning adalah memastikan tanaman hias ini mendapatkan paparan sinar matahari yang cerah namun tidak langsung, kelembapan tinggi, dan kelembapan media tanam yang konsisten.

Baca juga: 5 Penyebab Daun Calathea Keriting dan Menggulung

6 penyebab daun calathea menguning

Menguningnya calathea bisa terjadi di permukaan, ujung, atau keseluruhan daun, tapi jangan khawatir, saat permasalahannya teratasi, calathea dapat kembali tumbuh dengan baik.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Minggu (22/11/2020), berikut ini 6 penyebab daun calathea menguning:

1. Terlalu banyak disiram

Penyebab daun calathea menguning yang pertama adalah kelebihan air. Tanaman hias ini lebih menyukai media tanam yang konsisten dan lembap setiap saat.

Saat media tanamnya kelebihan atau bahkan tergenang air, bukan hanya daun, akar calathea pun dapat menguning.

Jadi, saat daun calathea menguning, periksa juga akar tanaman. Pastikan tidak ada bagian yang lembek, cokelat, dan berbau busuk, sebab jika terjadi beberapa hal tersebut berarti tanaman sedang mengalami pembusukan yang berisiko kematian.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Menyiram calathea seringkali tidak bisa sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Lebih baik siram tanaman saat setengah inci di bagian atas media tanam mulai kering.

2. Tanah kering

Selain kelebihan air, calathea juga akan stres jika kondisi media tanamnya terlalu kering dan akhirnya membuat daunnya menguning.

Cara mengatasinya yang paling ampuh adalah dengan rutin mengecek kelembapan media tanam yang digunakan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com