Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyebab Daun Calathea Keriting dan Menggulung

Kompas.com - 13/08/2021, 09:02 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Calathea adalah salah satu tanaman hias yang cukup populer pada tahun ini. Daunnya yang unik dengan warna dan corak yang indah menjadi daya tarik bagi para pecinta tanaman.

Tak sulit merawat tanaman yang dikenal juga dengan sebutan prayer plant ini. Akan tetapi, ada beberapa masalah yang kerap muncul jika terdapat kesalahan dalam merawatnya.

Masalah yang sering menimpa Calathea adalah daunnya yang keriting atau menggulung. Hal itu biasanya terjadi akibat tanaman mengalami dehidrasi, sehingga ia melakukan pertahanan diri dengan cara tersebut agar tidak banyak kekurangan air.

Dilansir dari Smart Garden Guide melalui KOMPAS.com, pengeritingan daun Calathea juga sering terjadi akibat genangan air, kelembapan rendah, atau panas berlebih.

Selain itu, kerusakan akar yang disebabkan oleh pembusukan akar, pemupukan berlebihan, atau penyakit juga bisa jadi penyebab daun Calathea keriting atau menggulung.

Baca juga: 5 Penyebab Bercak Hitam pada Daun Tanaman Hias

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (1/6/2021), berikut ini 5 penyebab daun calathea keriting dan cara mengatasinya.

1. Jenis atau kualitas air

Penyebab daun Calathea keriting dan menggulung yang pertama adalah jenis atau kualitas air. Misalnya saja, air keran biasanya mengandung kadar garam yang tinggi sehingga menyebabkan warna Calathea pudar dan perlahan layu.

Gejala yang kerap muncul saat Calathea mengalami kerusakan akibat masalah air adalah tepi daunnya menguning dan adanya penumpukan garam di permukaan tanah.

Cara mengatasinya pun tak sulit, cukup hindari penggunaan air yang mengandung terlalu banyak mineral atau garam. Gunakan air hasil sulingan, air kemasan, ataupun air hujan yang telah ditampung terlebih dahulu.

2. Salah penyiraman

Calathea sangat sensitif dengan kuantitas air penyiraman. Terlalu sedikit menerima air akan membuat daunnya mengering dan keriting.

Baca juga: 5 Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman Hias

Sementara itu, terlalu banyak air akan membuat daun Calathea menggulung dan mengalami pembusukan akar.

Media tanam Calathea pun harus lembap, tidak boleh terlalu kering dan tidak boleh terlalu basah. Oleh sebab itu, orang yang merawat Calathea harus rutin mengecek tingkat kelembapan media tanam setidaknya menggunakan ujung jari.

Kelembapan adalah salah satu kunci kesehatan tanaman Calathea, sedangkan untuk mendapatkan kelembapan yang tepat, kuncinya terdapat pada penyiraman.

Halaman:
Sumber Kompas.com
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com