Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KLARIFIKASI] Video dengan Klaim Pertandingan Militer Pakistan Lawan Militer AS

Kompas.com - 20/11/2020, 20:10 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Beredar video pertandingan rintangan dengan klaim perwira militer Pakistan memenangkan pertandingan melawan perwira militer Amerika Serikat (AS).

Klaim itu keliru.

Tayangan dalam video tersebut menayangkan pertandingan rintangan di Kejuaraan Pentathlon Militer Dunia ke-60 yang digelar di Rio de Janeiro, Brazil, pada 2013.

Amerika Serikat tidak mengikuti kejuaraan itu.

Narasi yang Beredar

Beberapa akun Facebook mengunggah video yang menampilkan pertandingan rintangan estafet antara dua kelompok. Tayangan itu diklaim sebagai pertandingan antara perwira militer Pakistan melawan perwira militer AS.

Video tersebut diunggah akun Facebook Secret of All Forces pada Sabtu (14/11/2020). Dalam unggahannya dia menulis bahwa video viral itu merupakan pertandingan antara militer Pakistan melawan militer Amerika yang dimenangkan militer Pakistan.

Berikut isi statusnya:

"Pak Army viral video Pakistani commando vs American commando Pakistani lion win #pakcommando #army"

Status Facebook keliru soal pertandingan militer Pakistan vs Amerika dimenangkan militer Pakistan.Facebook Status Facebook keliru soal pertandingan militer Pakistan vs Amerika dimenangkan militer Pakistan.

Sementara, akun Facebook Khan Brand turut mengunggah pada Selasa (16/11/2020), juga akun Facebook Amazing Series mengedarkannya pada Rabu (18/11/2020).

Benarkah video itu menampilkan pertandingan rintangan antara perwira militer Pakistan dan AS?

Penelusuran Digital

Penelusuran untuk mengecek kebenaran klaim tiga akun Facebook di atas dilakukan dengan cara memasukkan sejumlah potongan gambar ke mesin pencari Yandex, Google Image, dan Bing.

Hasilnya, sejumlah tautan menayangkan video yang serupa video klaim di atas dengan menyebut lokasi pertandingan di Brazil.

Salah satunya, ditunjukkan video YouTube yang diunggah channel YATHARTH ABBI pada 26 September 2016.

Situs web yenisafak juga mengunggah video tersebut dengan memberi keterangan bahwa tayangan video adalah pertandingan prajurit petlanton di Brazil.

Google Image menampilkan hasil lebih jelas yang ditunjukkan dalam video YouTube unggahan Exports of wood from Ukraine pada 29 April 2016. Video itu berjudul "Kejuaraan Pentathlon Militer Dunia ke-60 di Rio de Janeiro, Brazil, pada 2014."

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com