Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Resmi Dibuka Kembali Hari Ini

Kompas.com - 31/05/2020, 11:22 WIB
Vina Fadhrotul Mukaromah,
Virdita Rizki Ratriani

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masjid Al-Aqsa di Yerusalam kembali dibuka hari ini, Minggu (31/5/2020) setelah sekitar dua setengah bulan ditutup akibat pandemi virus corona.

Namun demikian, otoritas Muslim memberlakukan sejumlah langkah pencegahan dengan adanya peringatan dari pihak berwenang setempat terkait dengan infeksi lokal.

Dibukanya kembali situs paling suci ketiga bagi para Muslim ini menandai sebuah periode baru bagi umat Islam di Yerusalem.

Tahun ini, Muslim di Yerusalem tidak dapat melakukan ibadah rutin setiap hari di masjid Al Aqsa.

Pada hari pertama libur Idul Fitri, sempat terjadi bentrokan antara para polisi Israel dan Palestina ketika orang-orang yang ingin beribadah berusaha untuk menerobos masuk.

Baca juga: Ali Khamenei untuk Pertama Kalinya Mengonfirmasi Iran Persenjatai Pejuang Palestina

Penyebaran lokal Covid-19 melambat

Mengutip Reuters, Minggu (31/5/2020), Dewan Wakaf Islam menyebut melambatnya penyebaran lokal dari Covid-19 sebagai pertimbangan pencabutan larangan masuk dan pada akhirnya membuka kembali kompleks yang telah ditutup pada 15 Maret lalu.

Dengan jumlah kasus Covid-19 yang melambat, baik wilayah Israel maupun Palestina pun telah mengurangi pembatasan yang sebelumnya diberlakukan.

Ratusan umat Muslim menyerukan "Tuhan Maha Besar" ketika mereka masuk untuk melaksanakan shalat Subuh pada Minggu (31/5) pagi.

Beberapa orang terlihat berlutut dan mencium tanah saat masuk.

Baca juga: Rencana Pencaplokan Tepi Barat, Palestina Ancam Batalkan Perjanjian dengan AS dan Israel

Akan tetapi, untuk mengurangi risiko penularan, otoritas Muslim tetap memberlakukan sejumlah langkah pencegahan, terutama dengan meningkatnya kasus baru di Israel dalam beberapa hari terakhir.

Orang-orang yang akan beribadah di masjid Al-Aqsa harus mengenakan masker wajah dan membawa sajadah sendiri.

Dewan tidak menyebutkan apakah akan ada pembatasan jumlah orang yang diizinkan masuk ke dalam kompleks seluas 35 hektar ini.

Sekitar 700 jamaah datang tadi pagi untuk menjalankan shalat subuh. Sebagian besar dari mereka juga telah menggunakan masker dan membawa sajadahnya sendiri.

Baca juga: Palestina Kecam Drama TV yang Promosikan Normalisasi dengan Israel

Kasus virus corona di Israel

Hingga Minggu (31/5/2020), Israel sendiri telah mencatatkan 17.012 kasus Covid-19 dengan 284 kasus kematian dan 14.811 pasien telah dinyatakan sembuh.

Melansir CNN, Sabtu (30/5/2020), negara ini melaporkan terjadinya lonjakan mendadak pada kasus virus corona setelah pencabutan penguncian (lockdown).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com