Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Corona, Kominfo Luncurkan Sejumlah Pelatihan Online

Kompas.com - 18/05/2020, 18:30 WIB
Mela Arnani,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan sejumlah inisiatif dalam upaya penanggulangan pandemi corona virus.

Selain menjaga kualitas jaringan internet bagi masyarakat, juga diluncurkan beberapa aplikasi seperti PeduliLindungi, Bersatu Lawan Covid, dan layanan psikologi sejiwa.

"Di bidang diseminasi informasi, berbagai kanal resmi seperti website covid19.go.id, chatbot whatsapp, sms blast, call center 112, 117, dan 119, sebagai kanal informasi bagi masyarakat," kata Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (18/5/2020) sore.

Baca juga: Kementerian Kominfo Siapkan Protokol dan Skenario New Normal

Program pelatihan digital

Di samping penyediaan informasi Covid-19, Johnny menuturkan, selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pihaknya juga memberikan tiga program yang dapat dimanfaatkan masyarakat agar tetap produktif.

Yaitu program Digital Talent Scholarship (DTS) 2020, Siberkreasi Online Class dan program pendampingan untuk para pelaku UMKM/UMi di kawasan wisata prioritas.

Program-program tersebut dapat diakses secara online.

Beasiswa pelatihan online

Selama masa pandemi Covid-19, tersedia 40.000 kesempatan pelatihan secara online melalui program Digital Talent Scholarship (DTS) 2020.

Program terbuka bagi masyarakat yang telah lulus pendidikan formal.

"Peserta yang menyelesaikan pelatihan ini akan mendapatkan certificate of completion, dan peserta yang memenuhi kriteria tertentu akan difasilitasi untuk mengikuti tes sertifikasi global," ujar Johnny.

Dia juga menjelaskan, gelombang pertama program ini telah diikuti sebanyak 20.300 peserta.

Program gelombang pertama saat ini masih berjalan.

"Sejak 12 Mei hingga 31 Mei 2020, telah dibuka pendaftaran gelombang II Program DTS untuk beberapa tema, yaitu Android Developer, iOS Developer, Augmented Reality, Associate Cloud Engineer, Digital Skills, HTML (Hypertext Markup Language), CSS (Cascading Style Sheets), dan Javascript," tutur Johnny.

Baca juga: Kominfo Gandeng Facebook Bikin Chatbot WhatsApp Terkait Covid-19

Selain program DTS 2020, juga terdapat Digital Entrepreneurship Academy (DEA) bagi masyarakat yang berminat mengembangkan UMKM/UMi untuk masuk ke ranah digital.

Literasi digital

Program lainnya berkaitan dengan siberkreasi online class.

Program terdiri dari tiga sub, yaitu Hangout Online, #BerkreasidiIGLive, dan School of Influencer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com