Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Israel Punya Senjata Nuklir?

Kompas.com - 04/11/2023, 16:00 WIB
Widya Lestari Ningsih

Penulis

Sumber Sky News

KOMPAS.com - Melansir Britannica, per 2023, tercatat ada delapan negara di dunia yang secara terbuka mengakui kepemilikannya atas senjata nuklir.

Delapan negara tersebut adalah Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Perancis, China, India, Pakistan, dan Korea Utara.

Di samping delapan negara tersebut, Israel juga diyakini punya senjata nuklir.

Kendati demikian, Israel tidak pernah secara resmi mengonfirmasi atau menyangkal kepemilikannya atas senjata nuklir.

Baca juga: 8 Negara Pemilik Senjata Nuklir

Berapa jumlah nuklir Israel?

Israel diyakini telah mengembangkan program senjata nuklir sejak pertengahan hingga akhir 1950-an.

Kendati demikian, Israel belum pernah secara terbuka melakukan uji coba nuklir, ataupun menyangkal kepemilikannya atas senjata nuklir.

Selama beberapa dekade, Israel menerapkan sikap "ambiguitas nuklir" atau membiarkan status kepemilikan nuklir mereka dalam ketidakjelasan.

Pada 1968, beberapa negara menandatangani Perjanjian Nonproliferasi Nuklir (NPT), yang membantu membatasi pengembangan dan mengurangi jumlah persenjataan nuklir yang ada di dunia.

Israel tidak pernah menandatangani NPT dan belum menerima perlindungan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) terkait kegiatan nuklirnya.

Baca juga: Perkembangan Persenjataan Nuklir pada Masa Perang Dingin

Menanggapi dugaan kepemilikan nuklir Israel, Levi Eshkol, yang menjabat Perdana Menteri Israel ketiga periode 1963-1969, hanya mengisyaratkan bahwa Israel tidak akan menjadi negara pertama yang memperkenalkan senjata nuklir ke Timur Tengah.

Melansir laman Pusat Pengendalian Senjata dan Non-Proliferasi (Center for Arms Control and Non-Proliferation), Israel diyakini memiliki 90 hulu ledak nuklir berbasis plutonium.

Negara ini juga disebut-sebut mempunyai cukup plutonium untuk membuat 100 hingga 200 senjata nuklir.

Plutonium untuk program senjata nuklir Israel diproduksi oleh reaktor yang dibangun dengan bantuan Perancis.

Jumlah nuklir di dunia per 2023 menurut data yang dihimpun Asosiasi Pengendalian Persenjataan (Arms Control Association).armscontrol.org Jumlah nuklir di dunia per 2023 menurut data yang dihimpun Asosiasi Pengendalian Persenjataan (Arms Control Association).
Pakar militer bernama Profesor Michael Clarke merupakan salah satu tokoh yang menyakini bahwa Israel mempunyai senjata nuklir.

Menurutnya, kepemilikan senjata nuklir Israel sudah menjadi rahasia umum. "Mereka pasti memilikinya, 100 persen (yakin)," kata Clarke sebagaimana dikutip Kompas.com dari Sky News, Sabtu (4/11/2023).

Baca juga: Perang Nuklir: Tipe, Contoh, dan Dampaknya

Clarke juga mengatakan bahwa Israel tidak akan pernah mengonfirmasi atau menyangkal kepemilikian mereka atas senjata nuklir.

Ketidakjelasan keberadaan senjata nuklir Israel kerap membuat organisasi-organisasi internasional khawatir, terutama ketika konflik Israel-Palestina memanas.

Menurut Clarke, Israel belum mempunyai rencana untuk menggunakan senjata nuklir mereka di Gaza, karena jaraknya terlalu dekat.

Clarke mengungkap, Israel hanya akan menggunakan senjata nuklir dalam keadaan sangat terjepit, di mana mereka terancam oleh kekuatan asing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com