Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Juara Kejuaraan Beregu Asia 2020, Indonesia Ditarget Raih Trofi Piala Thomas

Kompas.com - 17/02/2020, 12:40 WIB
Farahdilla Puspa,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Chef de Mission tim Indonesia, Achmad Budiharto, mengatakan kemenangan tim putra Indonesia di Kejuaraan Beregu Asia 2020 menjadi bekal untuk menatap target beregu utama tahun ini, yaitu Piala Thomas.

Achmad Budiharto juga mengatakan, gelar juara beregu Asia 2020 ini bukan menjadi tujuan utama bagi tim putra Indonesia.

Piala Thomas yang akan berlangsung pada Mei mendatang menjadi target utama tim putra Indonesia.

Tim putra Indonesia dinilai tak boleh terlena dengan kemenangan ini karena beberapa tim tak turun dengan pemain terbaiknya, seperti India dan Jepang.

China pun juga tidak tampil di Kejuaraan Beregu Asia 2020 setelah mendapat larangan dari Filipina lantara wabah virus corona.

Baca juga: Ginting, Pembuka Jalan Indonesia Juara Kejuaraan Beregu Asia 2020

Meski demikian, perjuangan atlet pada kejuaraan yang berlangsung di Rizal Memorial Coliseum pada 11-16 tersebut patut diberikan apresiasi.

"Alhamdulillah kami bisa pertahankan gelar untuk ketiga kalinya. Kami patut bersyukur, tim telah berjuang luar biasa, tetapi kami tidak bisa berpuas diri," kata Achmad Budiharto dilansir BolaSport dari Badminton Indonesia.

"Target utama kami adalah Piala Thomas. Kami mau bawa kembali Piala Thomas yang sudah cukup lama tidak ke Indonesia," ucap Achmad Budiharto.

Achmad Budiharto pun mengatakan masih banyak yang harus dievaluasi dari penampilan masing-masing untuk mempersiapkan diri berlaga ke Piala Thomas dan turnamen lainnya.

"Perlu dievaluasi lagi bagaimana mengatasi pressure untuk tampil normal. Ini jadi PR bagi kami semua, termasuk para pelatih, bagaimana mengondisikan tim dengan baik supaya nanti pada waktunya dapat hasil yang terbaik," kata Budiharto.

Manajer Tim Indonesia, Susy Susanti pun menilai Indonesia berpeluang untuk merebut Piala Thomas tahun ini jika melihat kekuatan tim putra.

Baca juga: Kejuaraan Beregu Asia 2020, Debut Manis Ahsan/Fajar Langsung Juara

"Harus optimistis pada Piala Thomas, ini kesempatan baik buat kami. Kami harus lebih mempersiapkan diri lagi, kami berharap sekali bisa mengembalikan Piala Thomas ke Indonesia," ucap Susy Susanti.

Putaran final Piala Thomas dan Uber 2020 bakal berlangsung di Aarhus, Denmark, pada 16-24 Mei mendatang.

Sementara itu, para pebulu tangkis Indonesia juga akan berlaga di All England 2020 yang dilangsungkan di Birmingham, Inggris, pada 11-15 Maret. (Delia Mustikasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com