Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apparel Latihan Baru Timnas Indonesia, Tanpa Logo Garuda di Dada

Kompas.com - 08/02/2020, 20:11 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Teka-teki penyedia apparel baru untuk Timnas Indonesia tampak sudah terjawab. Tidak lagi turun dengan Warrix, PSSI tampak menjalin kerja sama dengan produsen lokal MILLS Sports.

Hal ini terlihat dari foto bocoran apparel latihan Timnas Indonesia yang diteruskan ke Kompas.com pada Sabtu (8/2/2020).

Ada dua desain apparel latihan baru Merah Putih, satu berwarna dominan merah dengan setrip horizontal biru di dada. Sementara, satu lagi adalah warna dominan biru dengan aksen horizontal merah juga di dada.

Menariknya, kedua apparel tersebut menghadirkan logo dan teks nama PSSI di dada bagian kiri, tempat di mana biasanya ada lambang Garuda.

Baca juga: Warrix, Jersey Timnas, dan Budaya KW Masyarakat Indonesia

Menurut seorang pemerhati jersey senior di Tanah Air, penggunaan logo PSSI tersebut menarik.

"Tampaknya MILLS mencoba menonjolkan 'penanggung jawab' sepak bola Indonesia," tutur pria yang enggan disebut namanya ini.

Ia juga menyebutkan kalau MILLS tampak berusaha memenuhi selera pasar Indonesia yang suka dengan grafis-grafis.

"Bagusnya, grafis yang disajikan MILLS masih tidak berlebihan. Di jerseby biru ada nuansa Perancis dengan setrip merah di dada," tutur sosok yang telah lama berkecimpung di dunia jersey Indonesia ini.

Bagi Arhan Ilham, anggota aktif komunitas kolektor jersey Tanah Air, Jerseyforum, kehadiran apparel baru ini menjadi babak menarik dalam perkembangan dunia jersey timnas.

Penampakan pertama jersey latihan Timnas Indonesia dengan apparel lokal, MILLS Sports.ISTIMEWA Penampakan pertama jersey latihan Timnas Indonesia dengan apparel lokal, MILLS Sports.

Apalagi, segala sesuatu perihal jersey Timnas Indonesia berada dalam kondisi stabil sejak Nike masuk menggantikan Adidas pada 2006.

"Pertama dalam sejarah mungkin ya ini ketidakjelasan pemilihan apparel, padahal sebelumnya Warrix sudah dipakai buat latihan juga," tutur Arhan kepada Kompas.com.

Namun, ia juga mengatakan bahwa desain dari MILLS Sport ini tak terlalu istimewa.

Baca juga: Timnas Indonesia Bakal Kenakan Apparel Lokal pada TC Akhir Pekan Ini

"MILLS ini menurut gue desainnya B banget, kalau dari foto di atas malah kaya jersey template dan tidak ada khas Indonesianya sama sekali," ucapnya lagi.

Anggapan tersebut benar adanya karena dari beberapa gambar tambahan yang Kompas.com dapatkan, seragam latihan tersebut merupakan template dari yang sudah ada.

Desain baju dari apparel lokal MILLS Sports yang dijadikan template untuk jersey latihan baru Timnas Indonesia.ISTIMEWA Desain baju dari apparel lokal MILLS Sports yang dijadikan template untuk jersey latihan baru Timnas Indonesia.

Rencananya, Timnas Indonesia akan memakai apparel baru ini pada pemusatan latihan skuad senior di Jakarta mulai Minggu (9/2/2020).

"Betul," tulis Mochamad Iriawan singkat saat BolaSport.com menanyakan konfirmasi tentang deal PSSI dengan sebuah apparel lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com