Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

La Liga Ingin Jadi Kompetisi Terpopuler Kedua di Negara Luar Spanyol, Kenapa?

Kompas.com - 05/02/2020, 16:20 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

KOMPAS.com - La Liga atau kompetisi sepak bola Liga Spanyol terus berupaya untuk mengembangkan sayapnya untuk menjaring penggemar dari berbagai negara di seluruh dunia.

Pencapaian prestasi membanggakan yang dicapai oleh klub seperti Real Madrid, Atletico Madrid, Sevilla, dan Barcelona dalam beberapa tahun terakhir menjadi patokan bagi La Liga untuk menyajikan kompetisi dengan kualitas terbaik di dunia.

Dalam pertemuan dengan beberapa jurnalis di Bilbao, Spanyol, pada Selasa (4/2/2020) kemarin, Chief Communication Officer (CCO) La Liga, Joris Evers, mengutarakan harapan yang cukup menarik.

Baca juga: Dua Rekor Tercipta Saat Dortmund Tersingkir dari Pentas DFB Pokal

Ia ingin La Liga atau Liga Spanyol menjadi kompetisi sepak bola terpopuler nomor dua di setiap negara selain Spanyol.

Lantas, mengapa hanya ingin jadi yang terpopuler nomor dua? Bukankah yang terbaik adalah menjadi nomor satu?

Menurut Evers, liga terpopuler dalam setiap negara tentu adalah liga lokal mereka masing-masing.

La Liga ingin menjadi liga sepak bola asing terpopuler di setiap negara, tanpa "mengganggu" eksistensi liga domestik.

"Kami ingin jadi liga sepak bola terpopuler kedua di setiap negara. Mengapa kedua? Karena yang pertama tentu adalah liga sepak bola lokal di negara masing-masing," ujar Evers.

Evers menyebut La Liga memiliki mutu kompetisi yang sangat baik karena menyajikan persaingan ketat di papan klasemen saat ini.

Bahkan, ia dengan lantang menyebut La Liga musim ini jauh lebih menarik ketimbang Premier League atau Liga Inggris.

"Coba tengok klasemen Liga Inggris sekarang, saya kira Liverpool sudah tak terkejar lagi. Kita sudah tahu siapa yang akan jadi juaranya," ujar Evers yang disambut dengan tawa para hadirin.

"Sedangkan di La Liga, pertarungan Real Madrid dan Barcelona di klasemen masih sengit, serta juga adanya perlawanan dari Getafe dan Sevilla, membuat liga ini menjadi lebih menarik," tutur dia.

Bukti lain bahwa La Liga adalah liga sepak bola kompetitif yakni adanya 7 klub mereka yang berpartisipasi dalam kompetisi antarklub Eropa musim ini, baik Liga Champions maupun Europa Cup.

Tak hanya itu, La Liga juga memanjakan para penonton mereka di layar kaca dengan aneka grafis menarik dalam tiga dimensi sebelum pertandingan.

Mereka juga menggunakan teknologi kamera canggih yang menghasilkan tayangan ulang gol dalam sudut pandang 360 derajat layaknya di video game sehingga bisa dilihat dari sudut pandang manapun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com