Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentuhan Tangan Dingin Zinedine Zidane Bikin Real Madrid Terbaik di Eropa Soal Aspek Ini

Kompas.com - 04/02/2020, 18:40 WIB
Angga Setiawan,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Di bawah tangan dingin Zinedine Zidane, Real Madrid jadi tim dengan pertahanan terbaik tak cuma Liga Spanyol tetapi seluruh kompetisi di Eropa.

Kembalinya Zinedine Zidane seakan menjadi titik balik bagi Real Madrid untuk bersaing kembali dengan rival mereka yakni Barcelona.

Tampil kurang stabil di musim lalu, Real Madrid konsisten setelah Zinedine Zidane kembali ke kursi pelatih Los Blancos usai menjalani rehat selama setahun.

Hasilnya bisa terlihat Real Madrid sementara bertengger di puncak klasemen sementara Liga Spanyol dengan meraup 49 poin.

Baca juga: Zidane, Pelatih Ketiga dengan Kemenangan Terbanyak di Real Madrid

Mereka ditempel ketat rival abadi mereka yakni Barcelona di peringkat kedua dengan tertinggal 3 poin. Namun, Zidane menunjukkan apa yang Real Madrid miliki sementara Barcelona tidak, yakni ketangguhan lini pertahanan.

Seperti dikutip Bolasport dari Opta, Sejak 30 Oktober 2019, Real Madrid tidak terkalahkan dalam 13 pertandingan Liga Spanyol.

Selama 13 pertandingan tak terkalahkan itu, tim asuhan Zinedine Zidane 9 kali mendapatkan hasil clean sheet alias tidak kebobolan.

Baca juga: Zidane Tak Mau Belanja Striker meski Real Madrid Kering Gol

Di antara laga-laga itu adalah duel melawan dua tim besar Spanyol yakni Barcelona dan Atletico Madrid.

Pada rentetan 13 laga tersebut, Zinedine Zidane memabawa Real Madrid cuma kebobolan 4 gol atau rata-rata 0,31 gol per pertandingan.

Real Madrid hanya 3 kali memperoleh hasil clean sheet dalam 9 pertandingan sebelum 30 Oktober 2019.

Selama 9 laga sebelum 30 Oktober itu, Real Madrid kebobolan 9 gol atau rata-rata 1 gol per partai.

Baca juga: Cedera, Sterling Berpotensi Absen Saat Man City Tandang ke Real Madrid

Peningkatan performa di lini pertahanan membuat Real Madrid kini mengukir sejumlah statistik gacor di antara tim-tim 5 liga top Eropa.

Real Madrid sekarang tercatat sebagai tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit (13).

Selain itu Zidane telah mencatatkan diri sebagai salah satu pelatih terbaik Real Madrid. 129 kemenangan bersama klub ibu kota Spanyol itu.

Zinedine Zidane melewati catatan milik Mourinho (128) dan cuma kalah dari Del Bosque (133) dan Miguel Muñoz (357).  (Dwi Widijatmiko)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com