Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekad Liga 1 2020 Agar Tak Ditinggal Sponsor Lagi

Kompas.com - 25/01/2020, 11:00 WIB
Angga Setiawan,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) bertekad untuk memperbaiki Liga 1 supaya tidak ditinggal sponsor lagi seperti sebelumnya.

Hal ini berkaca pada gelaran kompetisi Liga 1 sebelumnya yang banyak mengalami permasalahan sehingga dana sponsor yang masuk banyak berkurang.

Beberapa permasalahan tersebit antara lain jadwal pertandingan yang tak teratur akibat situasi politik dalam negeri serta adanya penundaan suatu lagi karena masalah keamanan.

Hal itu memperparah jadwal Liga 1 musim lalu yang hanya memiliki jeda istirahan dua hingga tiga hari.

Baca juga: Bayern Muenchen Vs Schalke, Lewandowski dkk Wajib Menang

Sampai-sampai, gelaran Liga 1 pun digelar setiap hari pada Bulan Ramadan meski kebanyakan pemain-pemain klub sedang berpuasa.

Dampak dari masalah-masalah itu adalah menurunnya pendapatan nilai dana yang diberikan sponsor.

Karena hanya ada satu sponsor yang bermitra dengan Liga 1 2019 yakni Shopee.

Padahal pada Liga 1 2018 disponsori oleh dua brand kenamaan yakni startup Gojek dan Traveloka.

Baca juga: 5 Fakta Menarik dari Laga Brescia Vs AC Milan

Imbasnya, PT LIB pun hanya sanggup memberikan subsidi sebesar Rp 5 miliar atau turun dari Rp 7,5 miliar pada Liga 1 2018.

"Kalau saya sampaikan ada banyak evaluasi dari musim lalu,” kata Direktur Utama PT LIB, Cucu Soemantri, Jumat (24/1/2020).

“Jadwal yang berubah-ubah membuat pendapatan PT LIB dari sponsor mengalami penurunan."

"Kami akan segera carikan format terbaik agar pendapatan bisa kembali seperti semula dan kalau bisa meningkat," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Liga 1 Digelar 29 Februari, Pelatih Persib Punya Harapan

Salah satu keputusan yang dibuat PT LIB agar hal itu tak terulang adalah dengan memajukan jadwal pembukaan Liga 1 ke akhir Februari.

Dengan kondisi ini, diharapkan jadwal bisa berjalan lebih teratur dan pemain bisa mendapatkan waktu istirahat yang ideal.

Karena iklim bagus seperti itu adalah hal yang bisa dijual dan menarik perhatian sponsor untuk ikut membantu gelaran Liga 1.

"Makanya jadwal kompetisi akan kami matangkan dulu. Kemudian pekan depan, Insya Allah kami akan mulai mencari sponsor," tutur pria yang juga Ketua Umum PSSI itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com