Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xavi Ungkap Alasan di Balik Keputusan Menolak Tawaran Barcelona

Kompas.com - 17/01/2020, 08:00 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

Sumber Marca

KOMPAS.com - Mantan pemain Barcelona, Xavi Hernandez, mengungkapkan alasan di balik keputusannya untuk menolak tawaran sebagai pengganti Ernesto Valverde di kursi kepelatihan klub kebanggaan publik Catalan tersebut.

Sebelum mengumumkan nama Quique Setien sebagai pelatih anyar Blaugrana - julukan Barcelona - pihak klub sempat dikabarkan melakukan pembicaraan dengan Xavi.

Hal tersebut kemudian diakui oleh Xavi yang hingga saat ini masih berstatus sebagai pelatih kepala klub asal Qatar, Al Sadd.

"Ya, saya mendapat tawaran dari Barcelona dalam pertemuan dengan Eric Abidal (Direktur Olahraga) dan Oscar Grau (CEO)," ucap Xavi.

"Akan tetapi, saya tidak menerimanya terutama karena terlalu dini untuk melatih Barcelona," tutur dia menambahkan.

Baca juga: Soal Klub Terkaya Dunia, Barcelona Geser Real Madrid

Xavi sendiri memang baru memulai karir kepelatihannya sejak ditunjuk oleh Al Sadd sebagai pelatih kepala pada Juli 2019 yang lalu.

Dari 19 laga yang telah ia lakoni di seluruh kompetisi bersama klub yang berlaga di kasta tertinggi Liga Qatar tersebut, Xavi sukses membawa timnya meraih 11 kemenangan dan satu hasil imbang.

Adapun tujuh laga lainnya, berakhir dengan kekalahan.

Sementara dalam persaingan di papan klasemen Liga Qatar, saat ini Xavi sukses membawa timnya menempati tiga besar klasemen dengan koleksi 21 poin.

Terpaut sembilan poin dari pesaingnya yang saat ini berada di puncak klasemen Liga Qatar, Lekhwiya.

Baca juga: Xavi Angkat Bicara soal Mengganti Posisi Valverde sebagai Pelatih Barcelona

Terlepas dari keputusannya untuk menolak tawaran dari manajemen Barcelona, Xavi mengaku memiliki keinginan untuk melatih mantan klub yang telah membesarkan namanya tersebut.

"Melatih Barcelona akan tetap menjadi impian saya di masa depan," ujar Xavi, dikutip dari Mundo Deportivo.

Barcelona merupakan klub yang memiki ikatan erat dengan Xavi. Selama masih berseragam biru merah, warna kebesaran Barcelona, Xavi telah menyumbangkan 25 gelar juara.

Beberapa gelar bergengsi yang berhasil diraihnya adalah delapan gelar Liga Spanyol, tiga Copa del Rey dan empat trofi Liga Champions. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com