Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Arti, Fungsi, Cara Kerja, dan 4 Tinjauan VAR dalam Sepak Bola

Kompas.com - 30/04/2024, 17:00 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Permainan sepak bola saat ini telah memiliki kemajuan di bidang teknologi, salah satunya adalah Video Assistant Referee (VAR).

Berikut penjelasan mengenai apa itu VAR, fungsi, cara kerja, dan tinjauannya:

Dilansir dari buku Olahraga Permainan (2022) oleh Giri Wiarto, teknologi VAR banyak diperbincangkan pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Baca juga: 7 Tugas Wasit dalam Permainan Sepak Bola

Arti

VAR adalah prosedur bantuan teknologi untuk membantu asisten wasit meninjau tayangan ulang sebuah insiden dalam permainan sepak bola, sebagai bahan pertimbangan untuk wasit utama.

Fungsi

Teknologi ini berfungsi membantu kinerja wasit dalam membuat keputusan pada saat-saat kontroversial.

Dikutip dari Panduan Dewasn Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB), fungsi VAR dalam sepak bola adalah untuk menegakkan peraturan pertandingan sepak bola (Law of the Game) semaksimal mungkin.

Baca juga: Mengenal Arti dan Pelanggaran Offside dalam Permainan Sepak Bola

Cara kerja dan tinjauan

Cara kerja VAR adalah dengan memeriksa siaran televisi atau rekaman pertandingan secara langsung untuk melihat insiden dalam sebuah pertandingan sepak bola.

Wasit akan memberi sinyal kepada pemain dan staf di lokasi pertandingan saat hendak melakukan tinjauan dengan bantuan VAR di tepi lapangan.

Perangkat pertandingan dalam ruangan operasional teknologi VAR akan memberikan tayangan ulang dengan sudut kamera terbaik atau sesuai permintaan wasit.

Teknologi VAR kemudian meninjau tayangan siaran pertandingan secara normal atau memakai tayangan ulang dengan kecepatan diperlambat (slow motion) dari berbagai sudut.

Baca juga: 9 Aturan Dasar dalam Bermain Sepak Bola

Adanya tinjauan dengan teknologi VAR membantu wasit dalam situasi seperti berikut:

  1. Proses terjadinya sebuah gol, seperti kemungkinan offside, pelanggaran, dan atau handball.
  2. Kemungkinan penalti seperti titik. terjadinya pelanggaran, dugaan adanya pelanggaran, atau penyerang lawan yang mencari keuntungan dengan menjatuhkan diri (diving).
  3. Pelanggaran dengan potensi hukuman kartu merah, seperti perkelahian antar pemain atau gestur tubuh dengan maksud melecehkan.
  4. Kesalahan identifikasi dari wasit, untuk memastikan hukuman kartu kuning ataupun merah diterima pemain yang tepat.

Baca juga: Keterampilan Dasar Permainan Sepak Bola

Prosedur tinjauan menggunakan teknologi VAR dalam pertandingan sepak bola dilakukan apabila sudah terdapat keputusan dari wasit mengenai sebuah insiden.

Pengecualian terjadi jika insiden tersebut terlewat atau luput dari pandangan wasit atau perangkat pertandingan lain di lapangan.

Dengan bantuan VAR, pertandingan sepak bola akan lebih jujur dan kesalahan wasit dalam mengambil keputusan dapat diminimalisir.

Itulah penjelasan mengenai arti, fungsi, cara kerja, dan tinjauan dari VAR dalam sepak bola.

Baca juga: Sepak Bola: Penemuan dan Sejarah Perkembangannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com