Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedimentasi Akuatis: Pengertian dan Penyebabnya

Kompas.com - 05/04/2024, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Sedimentasi akuatis adalah jenis sedimentasi yang disebabkan dan dipengaruhi oleh aliran air.

Adapun yang dimaksud sedimentasi, yaitu proses pengendapan zat padat yang kemudian membentuk sebuah bentang alam atau permukaan Bumi.

Selain sedimentasi akuatis, beberapa jenis sedimentasi lainnya ialah sedimentasi aeolis, sedimentasi marine, serta sedimentasi glasial.

Berikut penjelasan lebih lanjut soal sedimentasi akuatis:

Pengertian sedimentasi akuatis

Dilansir dari situs Law Insider, sedimentasi akuatis adalah kumpulan mineral berbutir halus, sedang, dan kasar, juga partikel organik, yang dapat dijumpai di habitat perairan.

Baca juga: Sedimentasi: Pengertian dan Jenis-jenisnya

Proses sedimentasi ini sering terjadi di kawasan sekitar sungai. Karena itu, salah satu bentuk bentang alam yang dihasilkannya adalah delta sungai.

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), sedimentasi akuatis adalah sedimen yang diendapkan oleh tenaga air.

Sedimentasi ini, selain menghasilkan delta sungai, juga dapat menghasilkan batuan sedimen, seperti batu pasir, batu konglomerat, serta batu breksi.

Dalam situs Science Direct, dituliskan pengertian sedimentasi akuatis, yaitu:

"Sedimentasi akuatis adalah sedimentasi yang terdiri dari variasi campuran lempung aluminosilikat, lanau, butiran kuarsa, dan sebagainya."

Baca juga: Sedimentasi Marine dan Contohnya

Berdasarkan penjelasan di atas, pengertian sedimentasi akuatis adalah sedimentasi yang terjadi di kawasan perairan, terutama sungai.

Penyebab sedimentasi akuatis

Sedimentasi akuatis disebabkan oleh pengendapan material yang terbawa aliran air di tempat yang dilaluinya.

Aliran air daratan yang terkena gravitasi dan mengarah ke laut, akan membawa serta beberapa material, seperti pasir, kerikil, juga partikel-partikel tanah.

Material tersebutlah yang kemudian akan mengendap, dan membentuk sebuah bentang alam atau bentuk permukaan Bumi yang baru.

Baca juga: Urutan Proses Sedimentasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com