Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi Budaya: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 02/03/2024, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Kolaborasi budaya adalah kerja sama antarmasyarakat untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan.

Sejatinya, kolaborasi budaya menjadi satu hal penting yang harus diterapkan, karena akan membawa banyak dampak positif dalam kehidupan.

Apa itu kolaborasi budaya?

Pengertian kolaborasi budaya

Dikutip dari situs United Nations, kolaborasi budaya sangat penting untuk diterapkan. Karena kolaborasi ini akan menghasilkan persatuan budaya dalam masyarakat.

Tidak akan ada perpecahan, jika kolaborasi budaya yang diutamakan. Yang ada hanyalah toleransi dan sikap saling menghargai antarmasyarakat.

Baca juga: Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Kolaborasi budaya adalah proses kerja sama antarindividu atau kelompok yang berbeda budayanya, untuk meraih tujuan bersama yang diinginkan.

Pada intinya, kolaborasi budaya memfokuskan dirinya pada pengakuan dan penghargaan terhadap perbedaan budaya yang ada.

Selain itu, kolaborasi budaya juga menekankan pada pentingnya keterbukaan terhadap ide juga cara pandang terhadap budaya yang berbeda.

Kesimpulannya, kolaborasi budaya adalah kerja sama antarkelompok atau individu yang berbeda budayanya, untuk meraih tujuan bersama.

Contoh kolaborasi budaya

Menurut Desi Ramawati dalam buku Nasionalisme Generasi Muda (2023), kolaborasi budaya adalah salah satu cara mempromosikan budaya bangsa Indonesia.

Baca juga: Komersialisasi Budaya: Pengertian dan Contohnya

Salah satu contoh kolaborasi budaya adalah menggelar acara kesenian yang melibatkan banyak budaya, baik dari lokal (dalam negeri) maupun internasional (luar negeri).

Beberapa contoh kolaborasi budaya lainnya, yakni menggelar pertunjukan seni budaya, pentas seni, pameran, dan parade buaya.

Pelaksanaan upacara dan acara tertentu dengan memakai baju adat juga termasuk salah satu contoh kolaborasi budaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com