Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Kekerasan Fisik dan Contohnya

Kompas.com - 26/02/2024, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Kekerasan adalah semua tindakan yang dilakukan dengan maksud menyakiti atau menghilangkan nyawa orang lain.

Pada dasarnya, tindakan kekerasan bisa terjadi dalam bentuk verbal dan fisik. Kekerasan verbal berarti kekerasan dilakukan lewat kata-kata.

Lalu, bagaimana dengan kekerasan fisik. Apa itu kekerasan fisik?

Pengertian kekerasan fisik

Menurut Ayu Dwi, dkk dalam buku Gender dan Kekerasan Perempuan (2022), pengertian kekerasan fisik adalah tindakan dengan kekuatan fisik untuk melukai orang lain.

Beberapa dampak yang ditimbulkan dari kekerasan fisik ialah trauma, timbulnya luka fisik, hingga kematian atau hilangnya nyawa.

Baca juga: Bedanya Kekerasan Fisik dan Kekerasan Verbal

Pengertian kekerasan fisik adalah tindakan yang dapat melukai tubuh orang lain, termasuk pembatasan gerak fisik dan sebagainya.

Jika dibandingkan dengan kekerasan verbal, dampak psikologis dan fisik yang ditimbulkan dari kekerasan fisik bisa berlangsung seumur hidup.

Karena itulah, kekerasan fisik sangat berbahaya dan merugikan korbannya. 

Bisa disimpulkan bahwa pengertian kekerasan fisik adalah tindakan fisik yang bersifat melukai bahkan menghilangkan nyawa orang lain.

Contoh kekerasan fisik

Nyatanya, kekerasan fisik tidak selalu mengandalkan kekuatan fisik. Kekerasan ini juga bisa dilakukan dengan senjata berbahaya, seperti pisau dan pistol.

Baca juga: 3 Persamaan Konflik dan Kekerasan

Dikutip dari buku Bahasa, Kekuasaan, dan Kekerasan (2012) karya Praptomo Baryadi, beberapa contoh kekerasan fisik adalah penganiayaan, pemerkosaan, dan pembunuhan.

Contoh kekerasan fisik lainnya adalah menyerbu, menembak, mengeroyok, membantai, merampas, mengebom, dan menusuk orang lain.

Tindakan seperti mencekik, memukul, menampar, menarik atau menjambak rambut, dan menendang juga termasuk beberapa contoh kekerasan fisik.

Jika di antara kamu atau kerabat dekat ada yang mengalami tindak kekerasan fisik, segera laporkan ke pihak yang berwajib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com