Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaruh Teknologi terhadap Cara Kita Berpartisipasi dalam Demokrasi

Kompas.com - 31/01/2024, 20:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com Teknologi memengaruhi berbagai aspek, salah satunya adalah demokrasi. Bagaimana teknologi telah memengaruhi cara kita berpartisipasi dalam demokrasi? Berikut adalah penjelasannya!

Meningkatkan demokrasi

Menurut M. S. Azis dan S. Hasna dalam The Problem of e-Democracy and its Impact on Political Participation in Indonesia. In 6th International Conference on Social and Political Sciences (2020), penggunaan teknologi seperti internet secara signifikan dapat meningkatkan partisipasi politik.

Di mana teknologi memberikan ruang yang lebih luas untuk masyarakat berpartisipasi dalam politik dan demokrasi.

Baca juga: Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Menurut Hartiwiningsih dalam Peran Transformasi Digital dalam Meningkatkan Demokrasi yang Berkepastian Hukum (2023), teknologi seperti media sosial memungkinkan interaksi langsung antara masyarakat dengan pemimpin politik.

Hal tersebut menciptakan komunikasi dua arah yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.

Dalam komunikasi dua arah itulah demokrasi dapat terjadi. Di mana masyarakat dapat melakukan diskusi, mengajukan pertanyaan, dan juga masukan tentang berbagai kebijakan.

Selain itu, media sosial juga menyediakan petisi di mana masyarakat dapat berkontribusi langsung mendorong suatu pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pemerintah.

Baca juga: Mengapa Anak Muda Harus Berpartisipasi dalam Demokrasi?

Menurut Zizi Papacharissi dalam A aprivate Sphere: Democracy in a Digital Age (2013), hal ini memungkinkan pemerintah lebih mendengar suara rakyat dan merespon dengan tindakan yang tepat.

Meningkatkan transparasi

Transparansi adalah salah satu aspek penting dalam demokrasi. Teknologi dapat meningkatkan transpransi dalam demokrasi.

Teknologi seperti media sosial dapat memberikan berbagai informasi tentang kebijakan ataupun pemilihan umum yang terjadi pada masyarakat luas.

Melalui teknologi, pemerintah dapat menyebarkan informasi mengenai suatau kebijakan, laporan keuangan, undang-undang, transaksi, proses berjalannya sidang, hingga proses pemungutan dan penghitungan suara dalam pemilu.

Baca juga: Budaya Demokrasi: Pengertian, Jenis, Prinsip, dan Contohnya

Sehingga, masyarakat mendapat informasi dan dapat memahami apa yang terjadi. Masyarakat juga dapat mengawasi proses tersebut. Di mana jika ada sesuai yang tidak sesuai, masyarakatdapat mengajukan pertanggung jawaban pada pemerintah.

Menciptakan ruang informasi yang baru

Pengaruh teknologi terhadap cara kita berpartisipasi dalam demokrasi adalah menciptakan ruang informasi yang baru, berupa media digital.

Jika awalnya demokrasi terjadi secara luring, sekarang dapat berlangsung secara daring.

Misalnya, kampanye pemilu yang dilakukan di berbagai media digital dan penyebaran informasi para calon ke media sosial.

Hal tersebut dilakukan untuk membentuk opini publik yang kemudian akan memengaruhi pengambilan keputusan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com