Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Teknologi Kelautan dalam Pembangunan Ekonomi

Kompas.com - 14/11/2023, 03:30 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di era globalisasi saat ini, perkembangan IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni) sudah tidak bisa dihindari dalam berbagai bidang, termasuk pada bidang kelautan.

Untuk sebuah kemajuan tidak hanya membutuhkan ilmu pengetahuan terkait bidang tersebut,  melainkan juga teknologi yang akan sangat memengaruhinya.

Dalam memaksimalkan potensi-potensi kelautan yang ada, perlu adanya pemanfaatan optimal melalui penggunaan teknologi kelautan.

Teknologi kelautan adalah cabang dari engineering (rekayasa) yang mengkhususkan diri pada teknologi yang digunakan untuk memanfaatkan laut untuk kesejahteraan umat manusia.

Secara umum teknologi kelautan meliputi berbagai disiplin ilmu, antara lain komunikasi, sistem navigasi, sensor, wahana bawah laut, akustik, perekayasaan, bioteknologi, nanoteknologi, meteorologi, optik, radar, dan sebagainya.

Baca juga: Penerapan Nanoteknologi di Berbagai Bidang

Lantas, mengapa teknologi kelautan penting dimiliki suatu negara?

Teknologi kelautan sangat penting untuk dimiliki oleh setiap negara, sebab dengan adanya teknologi kelautan yang mumpuni maka potensi-potensi kelautan dapat dioptimalkan dan berdampak terhadap pembangunan ekonomi negara tersebut.

Dengan berbagai penemuan dan perkembangan teknologi dalam bidang kelautan itu, tentu saja membawa manfaat dan keuntungan bagi pembangunan ekonomi suatu negara.

Adapun bidang-bidang yang berkembang dalam teknologi kelautan antara lain:

Baca juga: 5 Kebijakan Pemerintah dalam Pembangunan Berbasis Kelautan

Penginderaan jauh  

Penginderaan jauh adalah suatu teknik untuk mengumpulkan informasi mengenai obyek dan lingkungannya dari jarak jauh tanpa sentuhan fisik.

Penginderaan jauh merupakan salah satu teknologi kelautan yang dimanfaatkan untuk:

  • Mendeteksi sebaran atau lokasi berkumpulnya ikan.
  • Melihat pattern aliran di belakang kapal untuk memprdiksi data utama kapal termasuk mendeteksi kapal selam (aplikasi pertahanan).
  • Untuk mendapat data sehingga bisa diolah menjadi informasi yang akurat untuk manajemen ligkungan, memahami dan mitigasi dampak dari perubahan iklim termasuk pemanasan global.

Baca juga: Manfaat Penginderaan Jauh di Berbagai Bidang

Teknologi pesisir 

Pesisir memerlukan pengambangan teknologi yang bisa diadopsi dari berbagai disiplin engineering. Adapun teknologi pesisir dapat dimanfaatkan untuk:

  • Tenaga angin (wind power) dan teknologi desalination air laut menjadi air tawar.
  • Transportasi khusus antar pulau seperti WISE (wing in surface effect).
  • Early warning system untuk tsunami.

Baca juga: Perbedaan Ekonomi Kelautan dan Ekonomi Maritim

Konversi energi laut 

Seiring maraknya energi terbarukan, maka laut pun dapat menjadi salah satu sumber energi terbarukan melalui teknologi konversi energi.

Adapun konversi energi laut dimanfaatkan untuk:

  • Sumber energi berbasis hidrokarbon tidak bisa diperbarui dan diperkirakan suatu waktu akan habis.
  • Energi alternatif yang tidak akan habis bisa dipanen dari laut.
  • Arus, gelombang, perbedaan temperatur, bisa dikonversi dalam bentuk energi yang bisa dikelola untuk kepentingan kelistrikan.

Baca juga: Mengenal Teknologi Konversi Biomassa

 

Referensi:

  • Benyamin Lakitan. 2012. Pengelolaan Sumberdaya Kelautan berbasis Iptekuntuk Kemakmuran Bangsa. Seminar Nasional Kelautan VIII, Universitas Hang Tuah Surabaya.
  • Joesidawati, Marita & Suwarsih, S. 2021. Teknologi Penginderaan Jauh untuk Perikanan dan Kelautan. Malang: UMM Press.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com