Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri Utama Subfilum Vertebrata

Kompas.com - 24/01/2024, 19:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Chordata terbagi menjadi beberapa subfilum, salah satunya adalah vertebrata. Ciri utama subfilum vertebrata adalah memiliki kolom vertebral atau tulang belakang. Berikut adalah penjelasan ciri utama subfilum vertebrata!

Vertebrata memiliki kolom vertebral

Ciri utama subfilum vertebrata adalah memiliki kolom vertebral. Kolom vertebral disebut juga sebagai tulang belakang.

Dilansir dari Biology Online, kolom vertebral atau kolom tulang belakang adalah serangkaian tulang belakang yang diposisikan dalam sebuah kolom.

Baca juga: Fase Awal Perkembangan Embrio

Kolom vertebral pada vertebrata berkembang dari notochord selama tahap embrionik.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, notochord yang berkembang tertutup dalam jaringan ikat dengan sumsum tulang belakang berbentuk tabung di saluran jaringan ikat di atasnya dan tertutup sejumlah massa otot yang tersegmentasi.

Kolom vertebral tersebut memenjang dari tengkorak ke tulang ekor. Panjangnya membuat kolom vertebral menopang struktur tubuh vertebrata.

Dengan adanya kolom vertebral, vertebrata dapat mempertahankan bentuk tubuhnya. Sehingga kolom vertebral dapat dapat disebut sebagai inti endoskeleton.

Baca juga: Endoskeleton, Rangka Dalam Tubuh Makhluk Hidup

Kolom vertebral melindungi sumsum tulang dan sistem saraf. Kolom vertebral juga menjadi tempat melekatnya banyak otot, sehingga vertebrata dapat melakukan gerak.

Dilansir dari Biology LibreTexts, pada banyak spesies kolom vertebral memiliki cakram penyerap guncangan di antara tulang belakang untuk melindunginya saat bergerak.

Pada manusia, kolom vertebrat terdiri dari 33 vertebra atau unit tunggal kolom vertebral. 33 vertebra tersebut terdiri dari 12 toraks, 5 lumbal, 5 sakral, 7 serviks, dan 4 tulang ekor.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com