Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Identitas Individu yang Terbentuk secara Sosial

Kompas.com - 22/01/2024, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

Sumber Kemdikbud

KOMPAS.com - Identitas individu adalah semua identitas yang melekat dalam diri individu, baik ciri fisik maupun psikisnya.

Secara garis besar, identitas individu terbagi menjadi dua, yakni identitas individu yang alami, dan yang terbentuk secara sosial.

Dilansir dari jurnal Analisis Konstruksi Identitas Tokoh dalam AU Bonheur Des Ogres Karya Daniel Pennac (2022) oleh Mutmainnah dkk, berikut pengertian identitas individu yang alami:

"Identitas individu yang alami adalah identitas yang ada sejak lahir atau bersifat alami." 

Identitas ini sudah melekat dalam diri individu sejak ia dilahirkan, dan tidak bisa ditolak kehadirannya. Misal, warna kulit, suku, ras, dan warna mata.

Baca juga: Pengertian Identitas Individu yang Alami

Lalu, bagaimana dengan identitas individu yang terbentuk secara sosial? Berikut penjelasannya:

Identitas individu yang terbentuk secara sosial

Menurut Wayne Morrison dalam buku Yurispudensi: David Hume (2021), berikut pengertian identitas individu:

"Identitas individu adalah suatu hal yang muncul berdasarkan pengalaman sosial, termasuk kebiasaan, pola pikir, hingga penafsiran tindakan."

Jelaskan pengertian identitas individu yang terbentuk secara sosial

Pengertian identitas individu yang terbentuk secara sosial adalah identitas individu yang muncul karena interaksi dan pengalaman sosial.

Baca juga: Identitas Diri: Pengertian dan Contohnya

Identitas ini terbentuk karena faktor lingkungan dan sosial, tempat di mana mereka hidup dan tinggal. 

Interaksi sosial antara individu dengan teman, kerabat, keluarga, dan lain-lain, turut memengaruhi pembentukan indentitas sosial individu.

Dikutip dari situs Kemdikbud, pengertian identitas individu yang terbentuk secara sosial adalah identitas yang dihasilkan dari aktivitas keseharian seseorang.

Aktivitas yang dimaksud ini bisa berupa pekerjaan, studi, peran dalam masyarakat, peran dalam kelompok agama, dan sebagainya.

Contoh identitas individu yang terbentuk secara sosial adalah guru dan murid, dosen dan mahasiswa, ketua RT dan warga, serta manajer dan pegawai biasa.

Jika disimpulkan, pengertian identitas individu yang terbentuk secara sosial adalah identitas yang terbentuk dari interaksi, pengalaman, dan aktivitas sosial seseorang.

Baca juga: 3 Bentuk Identitas: Diri, Sosial, dan Budaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com