Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Perbedaan Gotong Royong dan Kerja Sama, Apa Sajakah Itu?

Kompas.com - 09/01/2024, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comGotong royong dan kerja sama adalah dua hal yang mirip, namun sebenarnya berbeda. Walau begitu, keduanya sama-sama berdampak positif dalam kehidupan sosial.

Tahukah kamu apakah perbedaan antara kerja sama dan gotong royong?

Bedanya gotong royong dan kerja sama

Tradisi Ngayah adalah kegiatan gotong royong yang berasal dari daerah Bali. desasedang.badungkab.go.id Tradisi Ngayah adalah kegiatan gotong royong yang berasal dari daerah Bali.

Menurut Sri Widayati dalam buku Gotong Royong (2020), gotong royong adalah bekerja secara bersama-sama, tolong-menolong, dan bantu-membantu dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Contoh gotong royong, yakni kegiatan membersihkan pemukiman warga yang terdampak banjir, dan gotong royong membangun pos ronda.

Dikutip dari buku Implementenasi G-Rotate History (2020) oleh Wulan Dwi, gotong royong adalah sikap melakukan pekerjaan fisik secara bersama-sama, agar pekerjaan terasa lebih ringan.

Baca juga: Contoh Kalimat dengan Kata Gotong Royong, Kebersamaan, dan Kekeluargaan

Beberapa nilai yang terkandung di dalam gotong royong adalah komunikasi, persahabatan, sikap tolong-menolong, dan semangat.

Sementara itu, dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kerja sama adalah kegiatan yang dilakukan beberapa orang atau Lembaga untuk mencapai tujuan bersama.

Tiap upaya kerja sama pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai, baik itu tujuan organisasi atau tujuan kolektif (bersama).

Contoh kerja sama adalah organisasi pemerintahan bekerja sama dengan warga setempat untuk merealisasikan program kerja.

Perbedaan gotong royong dan kerja sama adalah gotong royong merupakan aksi fisik bersama, sedangkan kerja sama merupakan kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama.

Baca juga: Contoh Kerja Sama dan Saling Ketergantungan dalam Keluarga

Jika gotong royong selalu melibatkan fisik atau tenaga, kerja sama tidak selalu demikian. Karena kerja sama bisa dilakukan dengan mengandalkan pikiran dan usaha bersama.

Bedanya gotong royong dan kerja sama juga terlihat dari tujuannya. Gotong royong biasanya tidak memiliki tujuan atau target yang sifatnya menguntungkan.

Berbeda dengan kerja sama yang sering didasarkan pada upaya untuk meraih atau mencapai target bersama yang diinginkan.

Jadi, apakah perbedaan antara kerja sama dan gotong royong?

Perbedaan gotong royong dan kerja sama bisa dilihat dari bentuk aksinya dan tujuan yang ingin diraih.

Baca juga: Gotong Royong: Pengertian dan Manfaatnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com