Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Fungsi Sumber Energi dalam Penginderaan Jauh

Kompas.com - 27/12/2023, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Penginderaan jauh adalah seni pencarian dan pemerolehan data obyek geografis tanpa kontak langsung.

Dikutip dari buku Penginderaan Jauh Satelit dalam Pemetaan Ekosistem Pesisir (2023) oleh Abu Bakar Sambah dkk, berikut pengertian penginderaan jauh atau inderaja:

"Penginderaan jauh adalah ilmu atau teknologi untuk memperoleh informasi, dengan menganalisis data lewat perekaman obyek."

Selain disebut inderaja, dalam bahasa Inggris, penginderaan jauh dikenal sebagai remote sensing, yakni ilmu untuk memperoleh informasi geografis tanpa kontak langsung.

Nyatanya, proses penginderaan jauh tak akan berjalan lancar tanpa komponen-komponen penting. Salah satu komponen penting itu adalah sumber energi.

Baca juga: 3 Fungsi Sensor dalam Penginderaan Jauh

Apa itu sumber energi dalam penginderaan jauh, dan apa saja fungsinya?

Sumber energi dalam penginderaan jauh

Menurut Sumbangan Baja dalam buku Perencanaan Tata Guna Lahan dalam Pengembangan Wilayah (2012), berikut pengertian sumber energi:

"Sumber energi dalam penginderaan jauh adalah obyek yang menerangi dan atau menyediakan energi (gelombang elektromagnetik) untuk target."

Dalam kegiatan penginderaan jauh, fungsi sumber energi, yaitu menyediakan energi bagi target, meski tergantung sifat juga radiasinya.

Tak hanya itu, sumber energi dalam kegiatan inderaja, berfungsi untuk menyinari obyek agar terlihat lebih jelas.

Baca juga: Manfaat Penginderaan Jauh di Bidang Demografi

Sama seperti fungsi sebelumnya, fungsi sumber energi dalam penginderaan jauh ini juga sangat bergantung pada karakteristik obyeknya.

Selain dua fungsi di atas, dalam kegiatan penginderaan jauh, fungsi sumber energi, yaitu menjadi media transmisi informasi dari target menuju sensor.

Adapun yang dimaksud target adalah obyek atau materi yang akan dikaji. Sedangkan sensor merupakan perangkat jauh yang tugasnya mengumpulkan radiasi elektromagnetik.

Jika disimpulkan, fungsi sumber energi dalam penginderaan jauh ada tiga, yakni:

  • Menyediakan energi bagi target
  • Menyinari obyek (target) agar terlihat lebih jelas
  • Menjadi media transmisi informasi dari target ke sensor.

Baca juga: Pengertian Penginderaan Jauh dan Manfaatnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com