Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Westernisasi dan Universalisasi pada Globalisasi

Kompas.com - 11/12/2023, 14:00 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Globalisasi adalah kebebasan dan keleluasaan lalu lintas barang, jasa, modal kekuatan kapitalis yang menerobos batas-batas negara, wilayah, serta adat istiadat dan budaya.

Dilansir dari buku Sosiologi Ekonomi (2014) oleh Bagong Suyanto, ketika globalisasi dipahami sebagai dominasi negara maju (westernisasi), maka umumnya mereka akan melihat globalisasi sebagai ancaman.

Sementara, ketika globalisasi dipahami sebagai penyebarluasan, penyatuan, munculnya homogenitas (universalisasi) atau hilangnya batas antarwilayah/negara, maka globalisasi akan dipahami sebagai faktor yang memengaruhi dan mengubah secara radikal gaya hidup dan nilai-nilai sosial budaya masyarakat, khususnya masyarakat di negara sedang berkembang.

Baca juga: Mengapa Globalisasi Menjadi Tantangan Tersendiri untuk Kita?

Berikut perbedaan mengenai globalisasi sebagai westernisasi dan universalisasi:

Westernisasi

Berdasarkan buku CHUAKS: ChatGPT Untuk Akuntansi (2023) oleh Gangga Dewantara, makna globalisasi sebagai westernisasi adalah pandangan masuknya pola pikir dan budaya barat untuk masuk dan memengaruhi kehidupan di negara-negara lain.

Universalisasi

Makna globalisasi sebagai universalisasi adalah globalisasi dianggap sebagai sarana menyebarnya material dan imaterial ke seluruh negara di dunia sehingga seakan-akan semua negara merasakan hal yang sama dengan negara lain.

Baca juga: Pengaruh Globalisasi terhadap Pencemaran Lingkungan

Seputar globalisasi

Globalisasi mulai dikenal oleh banyak orang pada tahun 1980 dan hal ini terus berkembang hingga sekarang.

Globalisasi ini juga terjadi akibat adanya kemajuan teknologi yang mendukung adanya pertukaran informasi secara cepat terjadi di antara negara-negara yang ada.

Dampak dari adanya globalisasi ini tentu bukan hanya hal yang positif.

Bayangkan seberapa mudah kita mengakses informasi dari berbagai negara dengan hanya sentuhan jari kita, mulai dari hal yang positif yang dapat membawa dampak baik bagi kehidupan kita, tetapi juga informasi negatif yang dapat menyebabkan dampak buruk bagi kehidupan kita.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan makna globalisasi sebagai westernisasi dan universalisasi.

Baca juga: 7 Upaya Menghadapi Globalisasi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com