Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Perbedaan Suhu dan Kalor

Kompas.com - 07/12/2023, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

Sumber byjus.com

KOMPAS.com - Suhu dan kalor adalah dua istilah sains yang sebenarnya saling berhubungan, namun berbeda.

Dilansir dari Buku Ajar Fisika (2023) karya Anggun Wulandari dkk, suhu adalah besaran yang menunjukkan derajat panas dinginnya suatu benda.

Benda dikatakan panas jika suhunya lebih tinggi ketimbang benda yang dingin. Perbedaan panas dingin ini bisa diketahui lewat termometer.

Menurut Tim Maestro Genta dalam buku Inti Materi IPA SMP/MTS (2020), kalor adalah energi yang dapat berpindah dari satu benda ke benda lainnya.

Baca juga: Perbedaan Suhu dan Panas

Bedanya kalor dan suhu

Perbedaan suhu dan kalor yang paling utama, yakni suhu adalah derajat panas dinginnya suatu benda. Sedangkan kalor adalah energi yang dipindahkan.

Dikutip dari situs Byjus, bedanya suhu dan kalor adalah satuan pokok SI-nya. Kalor dinyatakan dengan Joule. Sedangkan suhu dinyatakan dalam Kelvin.

Satuan lain yang mungkin berkaitan dengan kalor ialah kalori. Sementara itu, satuan suhu lainnya adalah Fahrenheit dan Celcius.

Kalor memiliki energi yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan. Sedangkan suhu hanya bisa dipakai untuk mengukur panas dinginnya suatu benda.

Baca juga: Perpindahan Kalor: Rumus, Jenis, Macam, dan Contohnya

Perbedaan suhu dan kalor lainnya juga terletak pada alat pengukurnya. Suhu diukur dengan termometer, sementara kalor diukur memakai kalorimeter.

Terakhir, bedanya suhu dan kalor juga bisa dilihat dari simbolnya. Kalor dinyatakan dengan Q, dan suhu dengan T.

Jelaskan perbedaan antara suhu dan kalor

Perbedaan suhu dan kalor adalah suhu berbicara soal panas dinginnya suatu benda, dan kalor tentang energi yang dipindahkan.

Perbedaan suhu dan kalor lainnya juga terletak pada satuan, kemampuannya untuk melakukan pekerjaan, alat pengukur, serta simbolnya.

Baca juga: Pengertian Suhu dan Faktornya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com