Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuan Wawasan Nusantara dan Hakikatnya

Kompas.com - 05/12/2023, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Wawasan nusantara adalah konsep mengenai keberagaman wilayah, budaya, sumber daya alam, serta potensi Indonesia.

Penerapan wawasan nusantara ini dilandaskan pada Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, serta UUD 1945 sebagai landasan konstitusi.

Apa tujuan dan hakikat wawasan nusantara?

Tujuan wawasan nusantara

Dikutip dari buku Kewarganegaraan (2022) oleh Ahmad Asroni dkk, tujuan wawasan nusantara adalah mewujudkan rasa dan sikap nasionalisme yang tinggi.

Wawasan nusantara juga ditujukan untuk mengajak masyarakat lebih mengutamakan kepentingan negara di atas kepentingan golongan, suku bangsa, maupun daerah.

Secara spesifik, tujuan wawasan nusantara dibagi dua, yakni tujuan ke dalam dan ke luar.

Baca juga: Pengertian Wawasan Nusantara dan Peran Pentingnya

Tujuan wawasan nusantara ke dalam, yakni mengutamakan kepentingan nasional di atas kepentingan golongan, suku, dan ras.

Sedangkan tujuan wawasan nusantara ke luar ialah turut berpartisipasi dalam mewujudkan ketertiban serta perdamaian umat manusia.

Hakikat wawasan nusantara

Menurut Deli Bunga Sarasvitha, dkk dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan (2022), hakikat wawasan nusantara adalah keutuhan bangsa dan kesatuan wilayah nasional.

Keutuhan yang dimaksud ini harus dipahami bahwa Nusantara utuh secara menyeluruh dalam berbagai aspek kehidupan, demi kepentingan nasional.

Hal ini mengharuskan masyarakat juga aparatur negara untuk berpikir, bersikap, serta bertindak secara utuh menyeluruh demi kepentingan bangsa.

Baca juga: 7 Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Ahli

Dalam GBHN (Garis-garis Besar Haluan Negara), dirumuskan bahwa hakikat wawasan nusantara harus diwujudkan dengan menyatakan kepulauan Nusantara sebagai kesatuan politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa hakikat wawasan nusantara adalah keutuhan bangsa serta kesatuan wilayah nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com