Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Komoditas Perikanan Unggulan

Kompas.com - 18/11/2023, 06:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki kekayaan alam yang melimpah termasuk kekayaan laut, di lmana aut Indonesia mengandung banyak potensi sumber daya hayati.

Tingginya potensi di sektor perikanan yang didukung oleh luasnya lautan Indonesia, memberikan poin tersendiri untuk peningkatan pendapatan ekonomi.

Dengan banyaknya sumber daya perikanan tersebut, maka pemerintah Indonesia menetapkan beberapa komoditas perikanan unggulan yang diutamakan.

Penentuan komoditas unggulan di sektor perikanan bertujuan untuk mengedepankan konsep efisiensi dalam pengembangan sektor perikanan.

Maka, dengan ditetapkannya komoditas unggulan, upaya pemerintah baik dalam hal pemberian stimulus maupun target investasi akan menjadi lebih terarah dan tepat sasaran.

Baca juga: Pengertian Komoditas dan Jenisnya

Lantas, komoditas apakah yang menjadi primadona dalam ekonomi kelautan?

Dari sekian banyak komoditas perikanan yang dimiliki oleh Indonesia, berikut lima komoditas perikanan unggulan yang memiliki nilai ekonomis tinggi:

Udang

Udang merupakan komoditas penting, maka dari itu pemerintah sedang berupaya melakukan peningkatan nilai produksi udang melalui peningkatan produksi dan value added (nilai tambah).

Berdasarkan data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan bulan Desember 2022, ekspor udang mencapai nilai 1.997,49 juta dolar AS. 

Bahkan, dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, udang mengalami kenaikan volume ekspor dengan jumlah rata-rata sebesar 8.70 persen.

Maka dari itu, produksi udang ditingkatkan melalui intensifikasi yaitu upaya peningkatan produktivitas tambak dengan peningkatan teknologi secara ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Baca juga: Ini 10 Komoditas Utama Ekspor Indonesia, Apa Saja?

Tuna, cakalang, dan tongkol

Tuna, cakalang, dan tongkol adalah kelompok ikan pelagis besar yang memiliki potensi besar serta memegang peranan penting dalam perikanan tuna global.

Umumnya, tuna, cakalang, dan tongkol diekspor baik dalam bentuk segar, beku, maupun produk olahan. Pasar tujuan utama ekspor komoditas tuna, cakalang, dan tongkol adalah Amerika Serikat.

Ekspor tuna, cakalang, dan tongkol dapat berkontribusi untuk perekonomian serta pembangunan perikanan Indonesia, di mana nilai ekspornya pada tahun 2022 mencapai 865,73 juta dolar AS.

Baca juga: Komoditas Ekspor Indonesia Bidang Peternakan dan Perikanan

Cumi-cumi, sotong, dan gurita

Beberapa jenis cephalopoda memiliki nilai komersial dan merupakan salah satu sumber daya hayati penting dalam sektor perikanan laut misalnya cumi-cumi, sotong, dan gurita.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com