Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Gajah Bisa Berenang?

Kompas.com - 17/11/2023, 18:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comGajah adalah hewan terbesar di daratan. Mereka dapat berlari dan berjalan dalam jarak yang jauh. Namun, apakah gajah bisa berenang? Tahukah kamu, bahwa gajah adalah perenang yang baik, berikut adalah penjelasannya!

Gajah adalah salah satu mamalia yang dapat berenang secara alami. Artinya, gajah dapat berenang tanpa harus belajar terlebih dahulu. Mereka terlahir sebagai seorang perenang.

Dilansir dari The Elephant Guide, gajah adalah satu-satunya mamalia yang bisa mengapung tanpa alat terapung.

Hal tersebut karena badan besar gajah memberikan daya apung alami bagi mereka.

Baca juga: Konsep Massa Jenis pada Kapal yang Mengapung

Dengan daya apung tersebut, gajah dapat mengapung di air tanpa tenggelam. Gajah berenang dengan mendayung menggunakan keempat kakinya.

Gerakknya mirip dengan cara anjing berenang. Dilansir dari AZ Animals, gajah memiliki kaki yang snagat kuat sehingga mereka bisa berenang secara terus-menerus selama enam jam.

Tidak hanya berenang dipermukaan, gajah juga dapat menyelam. Gajah akan menggunakan telinganya yang besar untuk mencegah air masuk ke dalam telinganya.

Ekornya akan digunakan seperti kemudi. Adapun, gajah menggunakan belalainya yang panjang sebagai snorkel. Sehingga, mereka bisa bernapas di dalam air.

Baca juga: Seberapa Kuat Belalai Gajah?

Dilansir dari Jabulani, paru-paru gajah juga secara unik beradaptasi untuk mengalami perubahan tekanan yang disebabkan saat gajah menggunakan belalainya sebagai snorkel.

Dengan kemampuan berenang yang baik, berenang menjadi salah satu kegiatan favorit bagi gajah terutama pada bayi gajah dan remaja.

Gajah berenang untuk membuat tubuhnya tetap sejuk, bermain dalam kelompok sosial, dan juga untuk melintasi perairan saat melakukan migrasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com