Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepemimpinan Transformasional: Pengertian dan Dimensi

Kompas.com - 17/11/2023, 05:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kepemimpinan transformasional sudah menjadi salah satu gaya kepemimpinan yang banyak dipelajari di mana menekankan pada perubahan norma di tempat kerja dan memotivasi karyawan untuk tampil di atas dan melampaui harapan mereka sendiri.

Apa yang disebut dengan kepemimpinan transformasional? Mari kita mengenal lebih lanjut mengenai kepemimpinan transformasional.

Pengertian kepemimpinan transformasional

Berikut pengertian kepemimpinan transformasional oleh beberapa pakar:

  • Menurut Bass dan Riggio

Menurut Bass dan Riggio, kepemimpinan transformasional adalah:

Tindakan seorang pemimpin yang mengajak bawahannya untuk berkomitmen pada visi dan tujuan organisasi, memacu mereka memecahkan masalah dengan inovatif, dan mengembangkan kapasitas kepemimpinan melalui pembinaan, pendampingan, serta menyediakan tantangan maupun dukungan.”

Kepemimpinan yang transformasional adalah sikap pemimpin yang mendobrak perubahan dalam organisasinya untuk diarahkan pada tujuan, visi, dan misi organisasi yang positif serta pencapaian target kerja yang maksimal.

Selain itu, kepemimpinan transformasional merupakan sikap pemimpin yang menjadi teladan bagi bawahan serta mengayomi dan membimbing bawahan untuk berkolaborasi bersama dalam suatu organisasi atau tempat kerja.

Baca juga: Gaya Kepemimpinan: Definisi dan Jenisnya

  • Menurut Colquitt, Lepine, dan Wesson

Colquitt, Lepine, dan Wesson mengartikan kepemimpinan transformasional merupakan:

Kepemimpinan yang melibatkan seluruh anggotanya untuk berkomitmen dan mempunyai loyalitas dalam mewujudkan visi dan misi bersama serta menjadi contoh bagi bawahan mengenai cara-cara mengembangkan potensi dan menyikapi masalah dari perspektif baru.

Pemimpin transformasional adalah pemimpin yang memberikan teladan bagi bawahannya dan berusaha mengayomi bawahannya dalam bekerja dan berkolaborasi bersama.

Pemimpin yang transformasional diharapkan dapat memberikan kenyamanan pada bawahannya, sehingga nantinya tercipta loyalitas bawahan terhadap atasan atau organisasi di mana dirinya bekerja dan berkolaborasi bersama.

  • Menurut Steven L. McShane dan Von Glinow

Mereka mengungkapkan kepemimpinan transformasional yaitu:

Perspektif atau anggapan kepemimpinan yang menjelaskan bagaimana pemimpin mengubah kelompok atau organisasi dengan cara menciptakan, mengomunikasikan, dan memerankan visi organisasi serta memberikan inspirasi para pegawai untuk memperjuangkan visinya.”

Pemimpin yang mempunyai sikap transformasional adalah pemimpin yang menginspirasi bawahannya dalam bekerja secara maksimal sebagai usaha mencapai target, visi, dan misi organisasi bersama yang tentunya ditujukan untuk memajukan organisasi tersebut.

Dimensi kepemimpinan transformasional

Adapun dimensi kepemimpinan transformasional sebagai berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com