Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Indikator Jarak Sosial

Kompas.com - 13/11/2023, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Jarak sosial adalah pemisahan antarindividu, individu dengan kelompok, maupun antarkelompok yang terjadi secara sosial.

Dikutip dari buku Sukses menjadi Sales Supervisor Hebat (2013) oleh Frans M. Royan, jarak sosial adalah jarak ketika berkomunikasi.

Biasanya dengan siapa kita berbicara, akan memengaruhi jarak sosial. Misal, saat berkomunikasi dengan orang asing, kita cenderung menciptakan jarak sosial.

Indikator jarak sosial

Jarak sosial adalah pembatasan pergaulan dan jarak komunikasi, baik antarindividu, individu dengan kelompok, maupun antarkelompok.

Baca juga: 2 Perbedaan Proses Sosial Asosiatif dengan Disosiatif

Jelaskan sejumlah hal yang menjadi indikator jarak sosial

Menurut Kamanto Sunarto dalam buku Pengantar Sosiologi (2005), indikator jarak sosial, meliputi perilaku endogami, perilaku berteman atau bergaul, serta perilaku bermukim.

Berikut penjelasannya:

  • Perilaku endogami 

Adalah perilaku di mana seseorang hanya mau menikah dengan anggota kelompoknya sendiri.

Misal, A yang bersuku C hanya mau menikah dengan orang yang juga bersuku C. Contoh lainnya, B adalah dosen, dan ia hanya mau menikah dengan seorang dosen.

  • Perilaku berteman atau bergaul 

Dilansir dari buku Pendalaman dan Pemantapan Materi Sosiologi (2023), indikator jarak sosial ini menandakan bahwa individu hanya mau berteman dengan teman kelompoknya sendiri.

Contoh, Z adalah orang kaya, ia hanya mau berteman dengan anak orang kaya. Contoh lainnya, K hanya ingin berteman dengan teman yang seagama dengannya.

Baca juga: Definisi Permasalahan Sosial dan Contohnya

  • Perilaku bermukim 

Merupakan jarak sosial yang terjadi ketika seseorang cenderung selektif dalam memilih tempatnya untuk bermukim.

Contoh indikator jarak sosial ini adalah X, seorang mahasiswa, bermukim di asrama mahasiswa. Contoh lainnya, G tinggal di lingkungan dengan latar belakang yang sama dengan dirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com