Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Perbedaan dari Geologi dan Geofisika?

Kompas.com - 31/10/2023, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Geologi dan geofisika adalah dua bidang ilmu yang cukup populer digunakan di Indonesia maupun negara lainnya.

Ada perbedaan yang cukup menonjol dari geologi dan geofisika, terutama dari metode yang digunakannya. Apa perbedaan dari geologi dan geofisika?

Bedanya geologi dan geofisika

Salah satu perbedaan geologi dan geofisika adalah pengertiannya.

Dikutip dari buku Kajian Lintas Perspektif Ilmu tentang Pandemi Covid 19 (2021) oleh Herfa Maulina dkk, berikut pengertian geologi:

"Geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang Bumi, termasuk batuan penyusun, mineral, tanah hasil pelapukan, serta proses terjadinya."

Baca juga: Tenaga Geologi: Pengertian dan Contohnya

Sederhananya, geologi adalah ilmu yang mempelajari proses dan kejadian yang berlangsung di bawah permukaan Bumi.

Lantaran obyeknya tersebar di seluruh permukaan Bumi, para peneliti atau geolog diharuskan untuk terjun langsung ke laboratorium alam.

Dilansir dari buku Geofisika (2022) karya Zikri Noer dan Indri Dayana, geofisika adalah bagian dari ilmu Bumi yang menggunakan kaidah atau prinsip fisika.

Yang termasuk dalam ilmu ini, antara lain meteorologi, elektrisitas atmosferis, serta fisika ionosfer.

Berbeda dengan geologi, bidang ilmu ini dilakukan untuk mengetahui kondisi di bawah permukaan Bumi dengan mengukur secara langsung paramter yang ada di atas Bumi.

Dahulu, geofisika masuk dalam fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) serta geologi. Namun, kini keduanya tidak bisa dipisahkan. karena menyatu dalam ilmu bumi.

Baca juga: 4 Kekhasan Penelitian Geografi

Salah satu contoh kajian geofisika adalah seismologi yang mempelajari gempa bumi, ilmu tentang gunung berapi, dan dinamika pergerakan lempeng Bumi.

Jadi, apa perbedaan dari geologi dan geofisika? Perbedaan geologi dan geofisika yang paling kentara adalah pengertiannya.

Geologi adalah ilmu yang mempelajari struktur Bumi. Sedangkan geofisika mengkaji struktur Bumi yang dilihat dari perspektif fisikanya.

Selain itu, bedanya geologi dan geofisika juga bisa dilihat dari metodenya.

Geologi mengharuskan geolog untuk terjun langsung ke lapangan dan mengkaji hasilnya dengan ilmu bumi.

Sedangkan data penelitian hasil geofisika dikaji menggunakan ilmu bumi dan fisika.

Baca juga: 5 Ilmu Pendukung Geografi dan Fungsinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com