Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unsur Baku dalam Sistem Lapisan Sosial: Status dan Peranan

Kompas.com - 21/10/2023, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Sistem lapisan sosial dikenal juga sebagai stratifikasi sosial, yakni penggolongan masyarakat ke dalam suatu kelas.

Dikutip dari buku Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (2022) oleh Andi Hasnah, stratifikasi sosial adalah pengelompokan masyarakat ke dalam kelas sosial yang berbeda.

Pengelompokan ini menuntut adanya tanggung jawab atau kewajiban serta pemberian hak kepada anggotanya.

Menurut Yuniar Handayani, dkk dalam buku Ilmu Budaya Dasar (2022), sistem lapisan sosial adalah pelapisan masyarakat yang memperlihatkan kedudukan individu dalam kelompok.

Pitirim Sorokin menjelaskan bahwa stratifikasi sosial atau sistem lapisan sosial adalah perbedaan masyarakat ke dalam kelas-kelas yang tersusun secara hierarki.

Baca juga: Pengertian Stratifikasi Sosial dan Fungsinya

Unsur baku sistem lapisan sosial

Secara garis besar, ada empat faktor yang dapat memengaruhi stratifikasi sosial, yakni kekuasaan, kekayaan, kehormatan, dan status.

Dilansir dari buku Metode Penelitian Hukum (2021) karya Zainuddin Ali, unsur-unsur baku dalam sistem lapisan sosial adalah status dan peranan.

Berikut pengertian status dan peranan dalam sistem lapisan sosial:

  • Status sosial 

Dalam buku Status Sosial Ekonomi Orangtua (2023) oleh Deli Mona dkk, dituliskan bahwa status sosial adalah tempat atau posisi seseorang dalam kelompok sosial.

Status sosial sering juga disebut kedudukan sosial, yakni tempat individu secara umum dalam masyarakat yang berhubungan dengan orang lain.

Dalam sistem lapisan sosial, status memperlihatkan posisi seseorang. Sehingga ini memengaruhi cara orang lain memperlakukan orang tersebut.

Baca juga: 8 Dasar Pembentukan Stratifikasi Sosial

  • Peranan sosial 

Menurut Aep Saepulloh dan Rusdiana dalam buku Antropologi Pendidikan (2022), peranan sosial adalah aspek dinamis dalam status sosial.

Jika seseorang memiliki status, berarti mereka juga punya peranan dalam kelompok sosial. Peranan itu biasanya meliputi hak dan kewajiban personal.

Peranan sosial adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan status sosial seseorang dalam kelompok.

Intinya, status dan peranan dalam sistem lapisan sosial saling memengaruhi satu sama lain. Oleh sebab itu, unsur baku sistem lapisan sosial ini tak boleh diabaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com