Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Digital Marketing, Jenis dan Jalurnya

Kompas.com - 05/10/2023, 04:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi menghasilkan sarana yang semakin canggih, yang dapat digunakan sebagai media dalam pengembangan usaha bisnis.

Pengunaan internet sendiri di Indonesia menjadikan pasar yang sangat bagus untuk pelaku industri e-commerce atau online shopping.

Kini bisnis-bisnis kian merebak melalui digital, mulai dari pemasaran hingga penjualan, yang dapat meningkatkan volume penjualan dan profit.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, maka hal ini membuat perusahaan harus melaksanakan kegiatan pemasaran dan penjualan secara digital sebagai pilihan utama.

Baca juga: Mengapa Pemasaran Sangat Penting?

Pengertian digital marketing

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding atau pengenalan merek yang menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog, website, e-mail, adwords, ataupun jejaring sosial.

Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat dan tepat, di mana melalui digital marketing komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu bahkan bisa mengglobal atau mendunia.

Digital marketing sendiri merupakan salah satu media pemasaran yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat untuk medukung berbagai kegiatan usaha yang dilakukan.

Bahkan saat ini masyarakat mulai meninggalkan model pemasaran konvesional atau tradisional beralih ke pemasaran modern yaitu digital marketing.

Baca juga: Tujuan Strategi Pemasaran

Jenis-jenis digital marketing

Digital marketing merupakan upaya perusahaan untuk melakukan promosi, memperkenalkan brand perusahaan, dan meningkatkan penjualan, di mana setiap perusahaan menerapkan digital marketing dalam berbagai jenis.

Berikut jenis-jenis digital marketing yang dipilih perusahaan dalam upaya memasarkan dan meningkatkan penjualan produknya:

  • Website

Website dapat membantu sebuah perusahaan untuk mengkomunikasikan tujuan dan latar belakang suatu usaha hingga produk yang dijajakan.

Selain itu, profesionalisme manajemen perusahaan dapat diperlihatkan dalam tampilan website, sebab dapat membantu konsumen dan masyarakat luas memahami bisnis perusahaan, sebagai media promosi yang efektif, dan mudah dijangkau masyarakat.

  • Search Engine Marketing

Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya perusahaan dalam rangka membuat website perusahaan mudah ditemukan dalam sistem mesin pencari, dengan melakukan kolaborasi dengan pihak lain, dengan berbayar dan dalam waktu cepat.

Baca juga: 4 Komponen dalam Pemasaran Online

  • Search Engine Optimization

Search Engine Optimization (SEO) merupakan upaya perusahaan melakukan SEM sendiri oleh pihak manajemen perusahaan, dengan biaya yang lebih murah serta waktu yang relatif lebih lama.

Dengan kata lain, SEO adalah cara-cara yang dilakukan secara mandiri agar website mudah ditemukan melalui search engine, seperti Google.

  • Social media marketing

Dengan jumlah pengguna media sosial yang kian banyak sehingga semakin hari semakin bertambah membuka peluang bagi sebuah bisnis untuk mengembangkan pasarnya melalui media sosial.

Platform media sosial yang dapat digunakan berupa facebook, twitter, dan sebagainya. Kelebihan dari jenis ini yakni biayanya yang minim, serta mendorong hubungan komunikasi dengan calon konsumen yang lebih dekat.

Baca juga: Contoh Penerapan Strategi Pemasaran 4P

  • Online advertising

Teknik online advertising merupakan cara yang diterapkan perusahaan sebagai teknik promosi melalui internet dengan berbayar. Hal ini sebagai upaya menyebarluaskan informasi dan meraih konsumen dengan lebih cepat dan memuaskan, namun dapat mengocek biaya yang cukup besar.

  • Email marketing

Perusahaan juga dapat menyebarkan informasi terbaru kepada masyarakat mengenai promosi produk barang dan jasa, terkait penurunan harga, penambahan fasilitas, dan berbagai informasi melalui email marketing, sehingga konsumen dapat mengetahui informasi terbaru terkait produk perusahaan.

  • Video marketing

Video marketing merupakan upaya perusahaan dalam memperkenalkan brand, menjalin hubungan, meningkatkan penjualan, dengan menggabungkan testimony para pengguna produk perusahaan, melalui teknik video.

Baca juga: Cara Membuat Iklan yang Efektif sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran

Jalur digital marketing

Untuk memenangkan konsumen, perusahaan perlu memiliki jalur atau saluran tertentu yang dapat digunakan. 

Jalur digital marketing diklasifikasikan berdasarkan pola komunikasi dan pengendalian perusahaan. Adapun pembagian jalur atau klasifikasi digital marketing antara lain:

Arah Komunikasi Kendali Penuh Perusahaan Kendali Sebagian Perusahaan
Satu arah Laman web Search Engine Optimization
  Reklame digital Search Engine Advertising
Dua arah Komunitas merek Media sosial

Berdasarkan tabel tersebut, dapat dilihat bahwa jalur pemasaran digital dapat diklasifikasikan sesuai kendali perusahaan dan arah komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan, sebagai berikut:

  • Satu arah, artinya komunikasi berlangsung satu arah dari perusahaan ke konsumen.
  • Dua arah, artinya komunikasi berlangsung dua arah dari perusahaan ke konsumen dan sebaliknya.
  • Kendali penuh, perusahaan disini memiliki kendali penuh atas aktifitas digital marketing yang dilakukan dan dampaknya kedepan bagi perusahaan.
  • Kendali sebagian, perusahaan pada posisi memiliki kendali sebatas upaya memaksimalkan upaya pemasaran digital, namun dampak aktifitas tersebut berada di luar kendali perusahaan.

Baca juga: Bagaimana Proses Komunikasi Pemasaran?

 

Referensi:

  • Azizul Kholis, Sulaiman Lubis, Khafi Puddin. 2020. Digital Marketing Untuk Pelaku UMKM. Medan: Economic and Business Publishing.
  • Dewi Komalasari, Alshaf Pebrianggara, Mas Oetarjo. 2021. Digital Marketing. Sidoarjo: Umsida Press.
  • Ivonne Ayesha, dkk. 2022. Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com