Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Definisi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia Beserta Contohnya

Kompas.com - 16/09/2023, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Tiap manusia pasti memiliki hak dan kewajiban asasinya. Tiada yang bisa menghapuskan atau mengurangi hak dan kewajiban tersebut.

Sejatinya, hak asasi manusia diperoleh sejak mereka dilahirkan. Sedangkan kewajiban asasi tersebut mengikuti pemerolehan hak tersebut.

Definisi hak dan kewajiban asasi manusia

Dilansir dari buku Hukum dan Hak Asasi Manusia (2023) karya Junaidi Junaidi dkk, hak asasi manusia adalah seperangkat hak dasar yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Hak dasar tersebut melekat secara kodrati, guna menjaga harkat dan martabat manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.

Karena hak ini bersifat dasar atau fundamental, hak asasi manusia sudah seharusnya dijaga, dilindungi, dan diatur dalam peraturan udang-undang.

Dikutip dari buku Pancasila dan Kewarganegaraan (2023) oleh Qoidul Khoir dkk, kewajiban asasi manusia adalah kewajiban dasar yang harus dijalankan manusia dalam kehidupan bermasyarakatnya.

Baca juga: Makna Hak Asasi Manusia (HAM)

Terkait hal ini, kewajiban asasi manusia bisa berbentuk sikap taat dan patuh terhadap peraturan undang-undang yang berlaku.

Sementara itu, menurut Denny JA dalam buku Rumah Bersama Kita Bernama Indonesia (2021), kewajiban asasi manusia adalah seperangkat kewajiban yang jika tidak dilaksanakan, tidak akan menjamin tegaknya hak asasi manusia.

Sederhananya, jika kewajiban dasar ini tidak dilakukan tiap manusia, dikhawatirkan hak-hak dasar dalam hak asasi manusia tidak akan telaskana.

Coba kalian rumuskan sendiri definisi hak dan kewajiban asasi manusia

Berikut definisi hak dan kewajiban dan kewajiban asasi manusia:

Hak asasi manusia adalah seperangkat hak dasar berkat anugerah Tuhan Yang Maha Esa, yang sudah sepatutnya dijaga, dilindungi, dan dihormati.

Sedangkan kewajiban asasi manusia adalah seperangkat kewajiban dasar yang wajib dilakukan, demi terlaksananya hak asasi manusia.

Baca juga: Definisi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia Menurut Para Ahli

Contoh hak dan kewajiban asasi manusia

Berikut contoh hak asasi manusia:

  • Hak untuk hidup
  • Hak untuk memeluk agama
  • Hak untuk mendapatkan pekerjaan
  • Hak untuk menempuh pendidikan
  • Hak perlindungan hukum.

Sementara itu, contoh kewajiban asasi manusia:

  • Menghormati dan menghargai orang lain
  • Menjaga martabat orang lain
  • Menghargai agama atau kepercayaan orang lain
  • Menaati peraturan yang berlaku
  • Membantu orang yang membutuhkan pertolongan kita.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com